PRISMA
Vol 12, No 1 (2023): PRISMA

Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Powtoon Berbasis Pendekatan Saintifik pada Materi Bangun Datar di SD

Sary, Ryky Mandar (Unknown)
Sari, Tri Hesti Puspita (Unknown)
Wijayanti, Arfilia (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran animasi powtoon berbasis pendekatan saintifik pada materi bangun datar yang layak dan praktis bagi siswa kelas IV di sekolah dasar. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SDN Bangunharjo Semarang tahun ajaran 2022/2023. Sampel yang diambil adalah 26 siswa dengan menggunakan teknik sampling NonProbability. Dalam penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan model ADDIE yang terdiri dari lima langkah yakni Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation dengan teknik analisis data deskriptif. Hasil validasi media mencapai 94% dengan kategori “sangat layak”. Hasil validasi materi mencapai 97% dengan kategori “sangat layak”. Hasil validasi ahli bahasa mencapai 100% dengan kategori “sangat layak”. Pada uji coba lapangan melalui angket respon guru mencapai nilai 94% dengan kategori “sangat praktis” dan pada angket respon siswa mencapai nilai persentase 95,76%. Kesimpulannya, dapat dikatakan bahwa media pembelajaran animasi powtoon berbasis pendekatan saintifik materi bangun datar kelas IV layak dan praktis untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran di sekolah dasar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

prisma

Publisher

Subject

Mathematics Social Sciences

Description

This journal focuses on mathematics education and disciplined inquiry into the teaching and learning of mathematics. The scope of the journal are: Mathematics Learning Model, Media Learning Mathematics, Curriculum in Mathematics Teaching, Assessment and Evaluation in Mathematics Teaching, ...