Journal on Education
Vol 6 No 1 (2023): Journal On Education: Volume 6 Nomor 1 Tahun 2023

Penerapan Model Discovery Learning dengan Teknik Probing-Prompting untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah pada Materi Termodinamika

Ary Analisa Rahma (Universitas Panca Marga)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2023

Abstract

Termodinamika merupakan salah satu topik fisika yang bersifat abstrak dan mempelajari tentang keadaan makroskopis suatu materi yang dinyatakan melalui proses atau siklus dengan menggunakan konsep matematis. Kesulitan siswa dalam mempelajari topik ini di antaranya adalah sulit dalam membuat grafik hubungan, sulit mengidentifikasi soal, dan sulit menjelaskan makna suatu gambar untuk itu dilakukan penelitian menggunakan model discovery learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model discovery learning dengan teknik probing-prompting pada kemampuan pemecahan masalah pada materi termodinamika. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 yang keduanya berjumlah 38 orang. Satu kelompok siswa belajar menggunakan model discovery learning dengan teknik probing-prompting dan kelompok lainnya dengan model konvensional. Data kemampuan pemecahan masalah siswa diperoleh dari nilai pre-test dan post-test dari kedua kelompok dengan instrumen penelitian berupa 25 soal pilihan ganda yang dianalisis dengan SPSS 26. Hasil uji statistik menghasilkan rata-rata N-Gain sebesar 68.32, sehingga dapat dinyatakan bahwa model discovery learning dengan teknik probing-prompting cukup efektif digunakan secara signifikan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada materi termodinamika.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

joe

Publisher

Subject

Education

Description

Journal On Education is a journal that publishes articles related to research (Case Study, Qualitative, Quantitative, Action Research), or development in the field of education such as early education, basic education, secondary education, out-of-school education, higher education, assessment in ...