Dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah atau problem based learning, tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Siswa kelas XI IPS 4 di SMA Negeri 1 Bandung menjadi subjek dalam penelitian ini. Adapun metode penelitian yang diterapkan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil studi meliputi dua siklus: (1) Dengan menggunakan model problem based learning, siklus I menghasilkan tiga orang siswa menerima predikat sangat tinggi sebesar 10%, sebelas orang siswa menerima predikat tinggi sebesar 36,67%, sepuluh orang siswa menerima predikat sedang sebesar 33,33%, dan enam orang siswa menerima predikat rendah sebesar 20%, (2) Siklus kedua memperbaiki kelemahan dan kekurangan siklus pertama, pada tahap ini siswa menunjukkan kemampuan berpikir kritis yang sangat baik sebanyak 9 orang siswa dengan persentase 30%, 16 orang siswa berkategori tinggi dengan persentase 53,33%, 3 orang siswa dengan predikat sedang atau dengan persentase 10%, dan 2 orang dengan persentase kurang yaitu 6,67%. Berdasarkan ulasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa dapat ditingkatkan dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah atau problem based learning.
Copyrights © 2023