Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter
Vol 6, No 1 (2023): April

Implementasi Model Kontekstual pada Pembelajaran Akidah Akhlak di Sekolah Formal dan Relevansinya terhadap Pendidikan Karakter

Us’an Us’an (Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta)
Waharjani Waharjani (Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
16 Jun 2023

Abstract

Abstrak: Guru Pendidikan Agama Islam memiliki peran penting memberi pemahaman agama kepada siswanya, karena PAI menjadi bagian mata pelajaran yang dimasukkan ke dalam kurikulum. Pendidikan PAI bertujuan mengembangkan seluruh potensi peserta didik lahir dan batin agar terbentuk manusia seutuhnya. Manusia seutuhnya yang dimaksud manusia yang terbentuk karakternya. Salah satu upaya yang bisa dilakukan pendidik ialah menerapkan niali-nilai pendidikan karakter berdasarkan tafsir surat Luqman ayat 12-19. Dalam proses pembelajaran, pendidik perlu menerapkannya dengan menggunakan model kontekstual, supaya siswa memahami secara mendalam apa yang dipelajarinya. Penelitian ini menggunakan kualitatif melalui literatur rivew atau library research, dimana data-data yang diperoleh melalui data primer dan sekunder. Setelah data terkumpul, kemudian dideskripsikan dan membuat kesimpulan. Berdasarkan penelitian ini, model pembelajaran kotekstual bisa diterapkan oleh guru, dan membantu siswa dalam meningkatkan pemahaman pendidikan agama mereka. Dengan metode ini manfaat yang didapatkan adalah siswa mampu menjelaskan, mempresentasikan, memahami, dan mendemonstrasikan apa yang sedang dipelajarinya.Abstrac: Islamic Religious Education teachers have an important role in providing religious understanding to their students, because PAI is part of the subjects included in the curriculum. PAI education aims to develop all the potential of students physically and mentally in order to form a complete human being. Whole human is meant by human being whose character is formed. One of the efforts that educators can do is to apply the values of character education based on the interpretation of Luqman's letter verses 12-19. In the learning process, educators need to apply it by using a contextual model, so that students understand in depth what they are learning. This study uses qualitative research through literature review or library research, where the data obtained through primary and secondary data. After the data has been collected, it is described and concluded. Based on this research, the contextual learning model can be applied by teachers, and helps students in increasing their understanding of religious education. With this method the benefits obtained are that students are able to explain, present, understand, and demonstrate what they are learning.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pendekar

Publisher

Subject

Education

Description

Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter adalah jurnal yang dikelola oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Mataram (UMMAT) yang secara khusus menerbitkan hasil penelitian dosen, mahasiswa semester akhir termasuk guru sekolah maupun kegiatan penelitian ilmiah ...