Pengembangan bahan ajar banyak dilakukan sebagai penunjang dalam kegiatan pembelajaran. Pengembangan bahan ajar dilakukan dengan tujuan untuk melengkapi buku teks agar peserta didik mampu memahami materi pembelajaran dengan baik serta memperoleh berbagai informasi. Namun dalam pengembangan bahan ajar perlu dilakukan analisis validitas bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis tingkat validitas pengembangan bahan ajar berbasis model Project Based Learning (PjBL) di kelas V SD. Uji validitas bahan ajar dilakukan oleh ahli materi, ahli bahasa, dan ahli media. Hasil uji validitas aspek materi memperoleh nilai 91,6% dengan kategori sangat valid, aspek bahasa memperoleh nilai 81,25% dengan kategori valid, dan aspek media memperoleh nilai 90% dengan kategori sangat valid. Hasil uji validitas secara keseluruhan memperoleh nilai 87,63% dengan kategori sangat valid. Berdasarkan pada analisis hasil uji validitas, bahan ajar tematik terpadu berbasis model Project Based Learning (PjBL) di kelas V SD yang dikembangkan telah valid untuk digunakan dalam pembelajaran.
Copyrights © 2023