JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 2 (2023): Agustus 2023

Analisis Validitas Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu Berbasis Model Project Based Learning (PjBL) di Kelas V SD

Modesti Nur Aprilia (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Padang)
Atika Ulya Akmal (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
17 Jun 2023

Abstract

Pengembangan bahan ajar banyak dilakukan sebagai penunjang dalam kegiatan pembelajaran. Pengembangan bahan ajar dilakukan dengan tujuan untuk melengkapi buku teks agar peserta didik mampu memahami materi pembelajaran dengan baik serta memperoleh berbagai informasi. Namun dalam pengembangan bahan ajar perlu dilakukan analisis validitas bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis tingkat validitas pengembangan bahan ajar berbasis model Project Based Learning (PjBL) di kelas V SD. Uji validitas bahan ajar dilakukan oleh ahli materi, ahli bahasa, dan ahli media. Hasil uji validitas aspek materi memperoleh nilai 91,6% dengan kategori sangat valid, aspek bahasa memperoleh nilai 81,25% dengan kategori valid, dan aspek media memperoleh nilai 90% dengan kategori sangat valid. Hasil uji validitas secara keseluruhan memperoleh nilai 87,63% dengan kategori sangat valid. Berdasarkan pada analisis hasil uji validitas, bahan ajar tematik terpadu berbasis model Project Based Learning (PjBL) di kelas V SD yang dikembangkan telah valid untuk digunakan dalam pembelajaran.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...