Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan tentang penerapan fungsi manajemen perpustakaan madrasah dalam meningkatkan peserta belajar peserta didik dengan subyek penelitian di MTs As’adiyah Nomor 3 Atapange Kabupaten Wajo Provinsi Sulawesi Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui penafsiran deskriptif, uji keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan perpustakaan di MTs As’adiyah No. 3 Atapange telah menerapan fungsi manajemen dalam pengelolaannya, yaitu perencanaan, pengorganisasi, penggerakan dan pengawasan. Perpustakaan madrasah sangat berperan sebagai sarana pembelajaran yang bersifat teknis edukatif dan bersama-sama dengan unsur-unsur pendidikan lainnya ikut berperan menentukan berhasilnya proses pembelajaran. Perpustakaan madrasah merupakan elemen tak terpisahkan dari MTs As’adiyah No. 3 Atapange, serta telah menjalankan fungsinya sebagai sarana penyimpanan koleksi bahan pustaka, tempat belajar yang dikelola dan diatur secara sistematis, serta dimanfaatkan oleh peserta didik dan guru sebagai bahan informasi dalam menunjang peningkatan prestasi peserta didik. Kata kunci: , ,
Copyrights © 2021