JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 5 No. 3 (2021): 2021

Penerapan Fungsi Manajemen pada Perpustakaan Madrasah dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik MTs As’adiyah No. 3 Atapange Wajo Sulawesi Selatan

Ariswanto Ariswanto (Institut Agama Islam As’adiyah, Sengkang Indonesia)
Nurnaningsih A (Institut Agama Islam As’adiyah, Sengkang Indonesia)
Ahmad Muktamar B (Insitut Lamaddukkelleng, Sengkang Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan tentang penerapan fungsi manajemen perpustakaan madrasah dalam meningkatkan peserta belajar peserta didik dengan subyek penelitian di MTs As’adiyah Nomor 3 Atapange Kabupaten Wajo Provinsi Sulawesi Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui penafsiran deskriptif, uji keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan perpustakaan di MTs As’adiyah No. 3 Atapange telah menerapan fungsi manajemen dalam pengelolaannya, yaitu perencanaan, pengorganisasi, penggerakan dan pengawasan. Perpustakaan madrasah sangat berperan sebagai sarana pembelajaran yang bersifat teknis edukatif dan bersama-sama dengan unsur-unsur pendidikan lainnya ikut berperan menentukan berhasilnya proses pembelajaran. Perpustakaan madrasah merupakan elemen tak terpisahkan dari MTs As’adiyah No. 3 Atapange, serta telah menjalankan fungsinya sebagai sarana penyimpanan koleksi bahan pustaka, tempat belajar yang dikelola dan diatur secara sistematis, serta dimanfaatkan oleh peserta didik dan guru sebagai bahan informasi dalam menunjang peningkatan prestasi peserta didik. Kata kunci: , ,

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...