JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 2 (2023): Agustus 2023

Analisis Kesulitan Siswa pada Materi Geometri melalui Model Problem Based Learning (PBL)

Afa Zahra (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia)
Hilda Fahira (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia)
Syafa Herdiani (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia)
Komariah Komariah (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
21 Jun 2023

Abstract

Memahami dan menentukan simetri lipat menjadi kompetensi yang sulit dicapai siswa, entah itu karena pembelajarannya yang kurang menarik keantusiasan siswa atau siswanya sendiri yang tidak memiliki motivasi untuk belajar mengenai simetri lipat. Sehubung dengan hal tersebut, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada materi simetri lipat dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini adalah jenis penelitian yang menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan berupa pendekatan kualitatif dan subyek pada penelitian ini yaitu siswa kelas III di SD Negri 079 Pajagalan. Teknik pengumpulan data hasil belajar siswa dilakukan melalui tes berupa soal tes dari evaluasi dan Lembar Kerja Peserta Didik. Kemudian data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa kesulitan yang dialami oleh siswa sebenarnya berasal dari soal yang diberikan tidak sesuai dengan kemampuan kognitif siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...