Memahami dan menentukan simetri lipat menjadi kompetensi yang sulit dicapai siswa, entah itu karena pembelajarannya yang kurang menarik keantusiasan siswa atau siswanya sendiri yang tidak memiliki motivasi untuk belajar mengenai simetri lipat. Sehubung dengan hal tersebut, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada materi simetri lipat dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini adalah jenis penelitian yang menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan berupa pendekatan kualitatif dan subyek pada penelitian ini yaitu siswa kelas III di SD Negri 079 Pajagalan. Teknik pengumpulan data hasil belajar siswa dilakukan melalui tes berupa soal tes dari evaluasi dan Lembar Kerja Peserta Didik. Kemudian data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa kesulitan yang dialami oleh siswa sebenarnya berasal dari soal yang diberikan tidak sesuai dengan kemampuan kognitif siswa.
Copyrights © 2023