JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 2 (2023): Agustus 2023

Efektifitas Strategi Pembelajaran Index Card Match dalam Pembelajaran Bahasa Inggris pada Siswa Kelas 1 di Sekolah Non Penggerak (SDN 146 Gumuruh)

Az-Zahra Aulia Karomatunnisa (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia)
Ranu Sudarmansyah (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia)
Trisula Nurhartanti (SDN 146 Gumuruh)



Article Info

Publish Date
21 Jun 2023

Abstract

Bahasa Inggris termasuk bahasa dunia, maka pembelajaran bahasa Inggris sangat penting di era globalisasi ini agar dapat bersaing. Namun masih terdapat sekolah yang tidak mengajarkan bahasa Inggris terutama di sekolah dasar. Hal tersebut dapat terlihat di SDN 146 Gumuruh yang merupakan sekolah non penggerak. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif penerapan strategi Index Card Match dalam pembelajaran bahasa Inggris pada siswa kelas 1 di SDN 146 Gumuruh. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif serta kuantitatif melalui PTK yang dibagi menjadi 2 sikus yaitu siklus I dan II. Data yang digunakan adalah dari hasil asesmen kelompok dan individu. Hasil penelitian penerapan strategi Index Card Match dalam pembelajaran bahasa Inggris ini efektif dengan ditunjukan pada keaktifan siswa dalam berkelompok meningkat menjadi 81% serta hasil asesmen individu siswa yang meningkat menjadi 89,79 yang berarti sudah melebihi KKM 70 dengan ketuntasan peserta didik sekitar 95,83% yang sudah melampaui kriteria 75%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...