Jubah Raja : Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran
Vol 2, No 1 (2023): April 2023

Pemanfaatan Aplikasi Wattpad sebagai Penguatan Literasi Baca-Tulis di Sekolah Dasar untuk Mendukung Gerakan Literasi Nasional

Neli Aprillia Ayu Puspitasari (IKIP PGRI Bojonegoro)
Cahyo Hasanudin (IKIP PGRI Bojonegoro)



Article Info

Publish Date
19 Apr 2023

Abstract

abstrak— Gerakan Literasi Nasional merupakan program pemerintah bertujuan untuk memperkuat minat literasi masyarakat. Gerakan Literasi Nasional dibagi menjadi literasi digital, literasi sains, literasi numerasi, literasi finansial, literasi budaya, dan literasi baca tulis. Penelitian ini bertujuan untuk memahami tingkat keberhasilan aplikasi Watpad sebagai penguatan Literasi baca tulis siswa di sekolah dasar. Penulis memanfaatkan studi pustaka (library research) pada metode penelitian yang merupakan teknik pembacaan literasi yang berasal dari sumber tertulis. Data yang didapat merupakan data sekunder yang bersumber dari buku terbitan dan jurnal nasional serta jurnal internasional. Pada teknik pengumpulan data, teori yang digunakan mengacu terhadap teori dari Mary W. Geroge yang akan dijabarkan sebagai berikut. 1) Pemilihan topik mengenai kemampuan literasi baca tulis menggunakan aplikasi Wattpad, 2) Penulis merancang konsep untuk membuat Wattpad sebagai sarana penguatan literasi baca tulis, 3) Penulis menyusun hasil dari konsep aplikasi Wattpad, 4) Menyimpulkan hasil dari data yang telah dikumpulkan. Hasil pada penelitian ini yaitu aplikasi Wattpad dapat berperan untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis seseorang. Aplikasi Wattpad ternyata juga dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran pada proses pembelajaran literasi baca-tulis di sekolah dasar. Cara untuk mengakses aplikasi Wattpad yaitu dimulai dari tahap register, mulai penulisan, lalu diakhiri oleh tahap publikasi tulisan.Kata kunci—Gerakan Literasi Nasional, Literasi baca-tulis, Sekolah Dasar, Wattpad.Abstract— The National Literacy Movement is a government program that aims to strengthen people's interest in literacy. The National Literacy Movement is divided into digital literacy, numeracy literacy, cultural literacy, scientific literacy, financial literacy, literacy reading. This study aims to find out how the success rate of the Watpad application as strengthening students' literacy in elementary schools. The method that the authors use in this recearch is library research , which is a literacy reading technique that originates from written sources. The data obtained is secondary data sourced from published books and national and international journals. In data collection techniques, the theory used refers to the theory of Mary W. Geroge which will be described as follows. 1) Selection of topics regarding literacy skills using the Wattpad application, 2) The author designed a concept to make Wattpad a means of strengthening literacy, 3) The author compiled the results of the Wattpad application concept, 4) Concluded the results from the data that had been collected. The results of this study are that the Wattpad application can play a role in improving one's reading and writing skills. It turns out that the Wattpad application can also be used as a learning medium in the learning process of reading and writing literacy in elementary schools. The way to access the Wattpad application is to start from the register stage, start writing, then end with the writing publication stage.Keywords—National Literacy Movement, Literacy, Elementary School, Wattpad. 

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JR

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jubah Raja adalah akronim dari Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran. Jurnal ini merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni, IKIP PGRI Bojonegoro. Jurnal ini memuat hasil-hasil penelitan yang berkaitan dengan ...