JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 2 (2023): Agustus 2023

The Effect Of Using Animated Video on The Ability Of Grade Seven Students in Reading Comprehension at SMP Negeri 10 Pematang Siantar

Artha Yuni Trimedia Situngkir (University of HKBP Nommensen Pematang Siantar)
David Berthony Manalu (University of HKBP Nommensen Pematang Siantar)
Basar Lolo Siahaan (University of HKBP Nommensen Pematang Siantar)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi penggunaan video animasi untuk mengajarkan pemahaman membaca pada siswa kelas tujuh di SMP Negeri 10 Pematang Siantar. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif dan bertujuan untuk mengetahui pengaruh media terhadap kinerja siswa. Sampel terdiri dari 50 siswa, dengan 25 di kelompok eksperimen dan 25 di kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata post test kelompok eksperimen adalah 76,60, sedangkan kelompok kontrol memiliki nilai rata-rata 68,40. T-test lebih tinggi dari T-tabel (2,7 > 1,677) pada tingkat signifikansi 5%, menunjukkan pengaruh yang signifikan dari penggunaan video animasi pada pemahaman membaca. Temuan ini menunjukkan keefektifan video animasi sebagai alat pengajaran untuk meningkatkan pemahaman membaca pada siswa kelas tujuh di SMP Negeri 10 Pematang Siantar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...