JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 2 (2023): Agustus 2023

Peranan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Disiplin Kerja Guru di SMK IT Cahaya Peradaban Kabupaten 50 Kota

Dilla Gusti Elfira (Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi)
Zulfani Sesmiarani (Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi)
Aisyah Syafitri (Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi)
Dina Sri Mulyani (Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi)
Riko Anas (Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengambarkan bagaimana peran kepala sekolah dalam meningkatkan disiplin kerja guru di SMK IT Cahaya Peradaban Kabupaten 50 Kota. Latar belakang penelitian ini di latar belakangi oleh disiplin kerja guru masih relatif rendah hal ini terlihat banyak pekerjaan yang menumpuh di kelas, tidak datang tepat waktu, sering meninggalkan peserta didik didalam kelas saat proses pembelajaran berlangsung. Wawancara dengan beberapa orang guru banyak yang beranggapan beban kerja terlalu tinggi, sehingga banyak pekerjaan yang menumpuk dan mengerjakan mana yang paling prioritas terlebih dahulu, banyaknya tugas sehingga hilang kreatifitas cenderung lemah, saat ini guru berasumsi pekerjaan sebagai beban kerja bukan tanggungjawab yang harus dikerjakan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini penulis memperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peran kepala sekolah dalam meningkatkan kepuasan kerja guru yaitu: 1). Kepala sekolah sebagai Educator, 2). Kepala sekolah sebagai Manajer, 3). Kepala sekolah sebagai Supervisor, 4). Kepala sekolah sebagai Leader.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...