JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 2 (2023): Agustus 2023

Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Merek Xiaomi (Studi Kasus pada Mahasiswa S1 Prodi Manajemen Universitas Pelita Bangsa, Cikarang)

Etty Zuliawati Zed (Universitas Pelita Bangsa)
Tri Mulyani Kartini (Universitas Pelita Bangsa)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2023

Abstract

Smartphone atau ponsel cerdas merupakan salah satu teknologi yang berkembang dengan cepat dari tahun ke tahun. Banyak bermunculan merek- merek baru di dunia persaingan handphone yang saling berlomba untuk menciptakan produk unggulan mereka. Produsen dituntut untuk tidak hanya sekedar menciptakan produk tetapi juga harus memahami keinginan dan kebutuhan konsumen. Hal tersebut dibutuhkan produsen untuk mampu bersaing dengan produsen lain. Salah satu produsen smartphone yang banyak dicari saat ini adalah Xiaomi. Pertimbangan konsumen dalam memilih smartphone kebanyakan dipengaruhi oleh merek suatu produk, kualitas produk, dan harga. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini untuk mengetahui apakah Citra Merek, Kualitas Produk, dan Harga dapat mempengaruhi Keputusan Pembelian. Serta tujuan dari masing-masing variabel Citra Merek, Kualitas Produk, dan Harga dapat mempengaruhi Keputusan Pembelian pada Produk Smartphone Xiaomi pada Mahasiswa Universitas Pelita Bangsa Cikarang Tahun 2021. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dalam pengumpulan data dan analisis datanya. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengguna smartphone Xiaomi di Universitas Pelita Bangsa Cikarang dengan jumlah sampel sebanyak 92 orang. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas dan reabilitas, uji asumsi dasar dan asumsi klasik, serta analisa regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS Ver.25. Berdasarkan analisis dari penelitian ini didapatkan hasil bahwa 1) citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian smartphone Xiaomi pada Mahasiswa Universitas Pelita Bangsa di Cikarang, 2) kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian smartphone Xiaomi pada Mahasiswa Universitas Pelita Bangsa di Cikarang, 3) harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian smartphone Xiaomi pada Mahasiswa Universitas Pelita Bangsa di Cikarang , 4) citra merek, kualitas produk dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian smartphone Xiaomi pada Mahasiswa Universitas Pelita Bangsa di Cikarang.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...