Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara mendalam tentang peran ayah dalam mengembangkan literasi anak usia 5-6 tahun di TKIT Sekargading Semarang. Penelitian ini mengambil 6 responden, dengan teknik pengumpulan data menggunakanobservasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik observasi dilakukan dengan cara observasi Teknik wawancara dilakukan dengan terstruktur dimana peneliti memberikan pertanyaan yang sama kepada responden penelitian. Analisis data penelitian ini dengan reduksi, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah peran ayah dalam mengembangkan kemampuan literasianak usia 5-6 tahun di TK IT Sekargading Semarang sudah ada kesadaran untuk terlibat dan mengambil peran dalam kegiatan literasi. Ditunjukkan dengan meluangkan waktu, pemberian fasilitas yang memadai untuk mendukung kegiatan stimulasi anak, menumbuhkan motivasi dan memberi teladan untuk terbiasa terhadap buku, serta melakukan pendekaran secara emosional dengan anak.
Copyrights © 2023