Abstrak-Kolokial Coffee adalah coffee shop yang berasal dari Kota Surabaya yang sudah berdiri sejak awal tahun 2020 pada bulan Januari. Kolokial Coffee konsisten menjual kopi masa kini dengan konsep pusat lokalisasi kopi, dengan begitu Kolokial Coffee juga menjualkan berbagai macam biji kopi. Saat ini Kolokial Coffee mengalami berbagai masalah antara lain penurunan pendapatan yang signifikan pada waktu-waktu tertentu dan tidak tercapainya target pendapatan yang telah ditentukan. Mengenai masalah yang dialami, dasar yang diidentifikasi pada Kolokial Coffee yang menyebabkan gejala masalah tersebut, yaitu kurangnya pembeda pada Kolokial Coffee terhadap pesaingnya. Berdasarkan pada akar permasalahan pada Kolokial Coffee diberikan empat alternatif solusi yaitu pada aspek product, promotion, place, dan brand. Dari keempat alternatif untuk tetap bertahan dalam persaingan dengan kompetitor lainnya, proposal tugas akhir ini Merancang strategi positioning dari Kolokial Coffee untuk mendapatkan daya tarik minat konsumen. Metode yang digunakan untuk merancang strategi positioning untuk Kolokial Coffee adalah multidimensional scaling (MDS). Metode ini digunakan untuk mengetahui bagaimana posisi objek diantara kompetitor agar mengetahui perbedaan untuk dijadikan kekuatan sebuah merk. Kolokial Coffee ingin meningkatkan target penjualannya sehingga tugas akhir ini bertujuan untuk menghasilkan rancangan perbaikan positioning produk yang tepat untuk dapat diterapkan oleh Kolokial Coffee dengan perceptual mapping menggunakan metode multidimensional scaling (MDS) dan analisis SWOT.Kata kunci- kolokial coffee, coffee shop, positioning, Multidimensional Scaling, Perceptual Mapping, SWOT.
Copyrights © 2023