Penelitian ini bertujuan untuk merancang desain didaktis pada materi penjumlahan pecahan campuran, untuk mengatasi learning obstacle yang dialami siswa kelas V SDN 91 Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah model penelitian didactical Design Research (DDR). Subjek penelitian ini yaitu 24 orang siswa kelas V, 24 orang siswa kelas VI, dan 1 orang guru kelas V. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara kepada guru, pemberian tes berupa tes identifikasi akhir, catatan lapangan dan rekaman video. Berdasarkan hasil penelitian, melalui implementasi desain didaktis yang telah dilakukan dapat membantu mengatasi atau mengurangi learning obstacle yang dialami siswa pada materi penjumlahan pecahan campuran karena adanya perubahan signifikan dilihat dari hasil tes identifikasi akhir siswa yang diberikan setelah penerapan desaian didaktis. Selain itu, desain didaktis mampu menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa. Hasil penelitian ini berupa desain pembelajran yang dapat digunakan oleh guru untuk menerapkan pembelajaran pada materi penjumlahan pecahan agar dapat mengatasi learning obstacle yang di alami siswa.
Copyrights © 2023