JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)
Vol 6, No 1 (2020)

Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Dan Think Pair Share (TPS) Di SMA Negeri 1 Siborongborong Tahun Pembelajaran 2020/2021

Sariayu Sibarani (Universitas Sisingamangaraja XII Tapanuli)



Article Info

Publish Date
30 May 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajar melalui pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dan Think Pair Share (TPS) di SMA Negeri 1 Siborongborong Tahun Pembelajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasinya adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 SiborongborongTahun Pembelajaran 2020/2021. Sampel dalam penenlitian ini adalah kelas XI-1 sebanyak 20 siswa tipe Numbered Head Together dan kelas XI-2 sebanyak 20 siswa tipe Think Pair Share. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah. Sebelumnya tes kemampuan pemecahan masalah ini telah diuji coba dikelas XI SMA N 2 Siborongborong untuk mengetahui validitas, reabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda soal. Temuan penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar melalui pembelajaran Numbered Head Together lebih baik dari pada siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran Think Pair Share.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

sigma

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pembelajaran dan Matematika Sigma (JPMS) diterbitkan oleh FKIP Universitas Labuhan Batu program studi pendidikan matematika yang berisi tulisan/artikel hasil pemikiran dan hasil penelitian yang ditulis oleh para pakar, ilmuwan, praktisi, pengkaji, guru, dosen dan mahasiswa dalam disiplin ilmu ...