Perusahaan di Era industry 4.0 dan society 5.0 saat ini menuntut lulusan perguruan tinggi untuk memiliki kemampuan hard skill dan soft skill yang seimbang. Sedangkan realita yang terjadi di dunia Pendidikan khususnya vokasi, masih memfokuskan pada peningkatan kemampuan hard skill mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan transformasional yang dimiliki dosen dan kompetensi dosen terhadap peningkatan kualitas soft skill. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jumlah populasi adalah seluruh mahasiswa aktif Politeknik LP3I Jakarta pada tahun akademik 2021/2022. Penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh secara parsial yang positif dan signifikan antara gaya kepemimpinan transformasional terhadap peningkatan kualitas soft skill mahasiswa, terdapat pengaruh secara parsial yang positif dan signifikan antara kompetensi dosen terhadap peningkatan kualitas soft skill mahasiswa, dan gaya kepemimpinan transformasional serta kompetensi dosen secara bersama-sama memiliki pengaruh yang positif dan signifikan.
Copyrights © 2023