Educativo: Jurnal Pendidikan
Vol 2 No 1 (2023): Educativo: Jurnal Pendidikan

Implementasi Media Sosial Pada Pembelajaran Kelas 4 Sekolah Dasar

M. Iqbal Arrosyad (Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung)
Hafiz Syaka (Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung)
Vika Elvira (Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi implementasi media sosial pada pembelajaran di kelas 4 SD dan pengalaman siswa dalam menggunakan media sosial tersebut. Metode pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Dengan teknik pengumpulan data melalui observasi kelas, wawancara, dan catatan lapangan. Sampel penelitian terdiri dari satu kelas yang menggunakan media sosial seperti Google Classroom, WhatsApp, dan Zoom dalam pembelajaran. Temuan penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media sosial dapat meningkatkan partisipasi dan minat belajar siswa, serta memberikan pengalaman belajar yang lebih menarik dan interaktif. Siswa pada kelompok eksperimen lebih aktif di dalam kelas dan lebih mudah memahami materi pembelajaran ketika menggunakan media sosial. Hal ini terlihat dari tingkat partisipasi yang lebih tinggi dalam diskusi kelas, dan keaktifan siswa dalam bertanya dan memberikan jawaban.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

journal

Publisher

Subject

Education Other

Description

Educativo: Jurnal Pendidikan focuses on the following topics: curriculum development, teacher education and professional development, teacher training, cross-cultural studies, learning, evaluation, english language teaching, counseling, management, quality of education, and the use of communication ...