Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ)
Vol. 4 No. 3 (2023): Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ)

Pengaruh Dukungan Selebriti, Iklan, Dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Produk Kecantikan Di Bandung

Anida Juliana Putri (Universitas Telkom)
Syahputra Syahputra (Universitas Telkom)



Article Info

Publish Date
17 Jun 2023

Abstract

Meningkatnya permintaan konsumen terhadap kosmetik dan skincare membuat produk kecantikan tanah air belomba-lomba menciptakan produk makeup maupun skincare yang berkualitas tinggi. Permintaan tersebut hadir diawali dengan adanya minat beli dari konsumen. Minat beli konsumen sangat dibutuhkan bagi perusahaan untuk mendapatkan konsumennya. Satu diantara cara perusahaan untuk menarik calon konsumen ialah dengan penggunaan strategi marketing yang baik dalam memperkenalkan brand dan produknya kepada konsumen. Penelitian ini berusaha untuk mengetahui pengaruh celebrity endorser, advertising, dan brand image terhadap minat konsumen untuk membeli produk kosmetik X. Dalam penelitian ini, distribusi kuesioner dan analisis data kuantitatif digunakan untuk memperoleh data. Pengambilan sampel non-probabilitas digunakan untuk proses pengambilan sampel. Sebanyak 385 responden dijadikan sampel penelitian. Metode analisis dalam penelitian ini adalah uji analisis regresi berganda, dan mengoperasikan program analisisnya dengan SPSS 26. Dari uji hipotesis simultan dan parsial yang telah dilakukan, diketahui bahwa celebrity endorser, advertising, dan brand image berpengaruh secara signifikan baik secara simultan dan parsial terhadap minat beli produk kecantikan X sebesar 66,2. Beberapa faktor yang tidak diulas dan diteliti dalam penelitian ini berdampak pada sisa sebesar 33,8%. Kesimpulan penelitian ini, pengaruh selebritas, iklan, dan bran image akan minat beli produk kecantikan X sudah masuk kedalam kategori baik, namun hal-hal tertentu masih memerlukan perbaikan oleh perusahaan seperti pemilihan celebrity endorser yang baik, menciptakan inovasi untuk advertising produk, dan meningkatkan brand image perusahaan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

msej

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ) is published by Yayasan Pendidikan Riset dan Pengembangan Intelektual (YRPI) as an information and communication media for practitioners, researchers and academics who are interested in the field of management (Finance, Human Resource, ...