Semakin canggihnya teknologi, memudahkan adanya akses terhadap berbagai hal, termasuk diantaranya adalah budaya dari berbagai Negara yang memungkinkan adanya pertukaran informasi dan kemampuan untuk mengadopsi teknologi dan pengetahuan dari Negara tersebut. Salah satu aspek penting untuk mendukung hal ini adalah Bahasa. Untuk menguasai suatu bahasa dapat diwujudkan melalui kebiasaan khususnya bagi anak usia dini. Sebab pada usia tersebut merupakan usia yang prima untuk perkembangan intelektual dan perkembangan kepribadian anak. Pada masa ini otak anak-anak akan mengingat berbagai informasi, terutama akan hal yang mereka sukai, termasuk diantaranya dalam hal belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana metode pembelajaran bahasa Arab efektif dalam proses belajar siswa pada Raudhatul Athfal Fatayat NU Parepare. Tujuan dari penelitian ini, digunakan pendekatan kualitatif, data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa ketiga metode pembelajaran (metode hafalan, metode permainan, dan metode nyanyian) yang diterapkan dalam pembelajaran bahasa Arab oleh guru Raudhatul Athfal Fatayat NU terbukti efektif dalam mengembangkan pengetahuan anak. Hasil itu tercemin dari kemampuan siswa menghafal mufradat, kelancaran melafalkan huruf Arab, meningkatnya daya ingat, dan semakin tingginya kemampuan untuk berkreasi. Selain itu, metode ini dapat digunakan untuk menumbuhkan motivasi dalam diri siswa untuk belajar lebih banyak.
Copyrights © 2023