Jurnal Administrasi dan Manajemen
Vol 13, No 2 (2023): Jurnal Administrasi dan Manajemen

Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Mie Instan dengan Mediasi Kepuasan Pelanggan

Jennifer Jennifer (Universitas Internasional Batam)
Nasar Buntu Laulita (Universitas Internasional Batam)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2023

Abstract

 Dalam dunia bisnis zaman sekarang bisnis semakin lama semakin berkembang pesat hingga masuk ke dunia Internasional dari tahun ke tahun. Dalam berbisnis hal yang selalu jadi pusat perhatiaan para pembisnis adalah loyalitas dari pelanggan dalam membeli produk yang di perjual belikan. Dalam artikel berikut terdapat beberapa pembahas terkait hal yang mempengaruhi loyalitas pelanggan dalam kepuasan pelanggan. Beberapa variable tersebut antara lain yaitu kualitas produk, harga dan pelayanan. Penelitian berikut menggunakan metode kuantitatif, yang sampel dari penelitian ini adalah generasi Milenial di Kota Batam, dengan jumlah sampel 271 data yang dikumpulkan melalui Google Forms dan pengolahan data memanfaatkan software SmartPLS 3.2.9.  Temuan penelitian berikut menunjukkan bahwa Kualitas produk, harga dan Pelayanan berpengaruh signifikan yang positif terhadap kepuasan pelanggan. Uji data menunjukkan  Kualitas produk dan Pelayanan berpengaruh signifikan yang positif terhadap Loyalitas pelanggan, sedangkan Harga dan Kepuasan Pelanggan tidak berpengaruh positif dengan Loyalitas Pelanggan.Kata Kunci : Kualitas Produk, Harga, Pelayanan, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan ABSTRACTIn today's business world, business is growing rapidly to enter the international world from year to year. In doing business, the thing that is always the center of attention of business people is the loyalty of customers in buying products that are traded. In the following article there are several discussants related to matters that affect customer loyalty in customer satisfaction. Some of these variables include product quality, price and service. The following research uses a quantitative method, the sample of this study is the Millennial generation in Batam City, with a total sample of 271 data collected via Google Forms and data processing using SmartPLS 3.2.9 software. The following research findings indicate that product quality, price and service have a positive and significant effect on customer satisfaction. Test data shows that product quality and service have a significant positive effect on customer loyalty, while price and customer satisfaction have no positive effect on customer loyalty.Keywords: Product Quality, Price, Service, Customer Satisfaction, Customer Loyalty

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

administrasimanajemen

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Administrasi dan Manajemen (JAM) dengan e-ISSN : 2623-1719 dan p-ISSN : 1693-6876 Published by Universitas Respati Indonesia, Jakarta, Administrasi dan Manajemen is published twice every year, in June and ...