Jurnal Teknologi Sumberdaya Mineral
Vol 4 No 1 (2023)

Analisis Ketercapaian Produksi Expit Antara Data Rencana dan Aktual pada Februari 2023 di Site A PT XYZ, Nusa Tenggara Barat

Siti Fatmawati (Mahasiswa Program Studi Teknik Pertambangan, Fakultas Teknik, Universitas Jember, Jl. Kalimantan 37 Jember)
Haeruddin Haeruddin (Program Studi Teknik Pertambangan Fakultas Teknik Universitas Jember, Jl. Kalimantan 37 Jember)
Siti Aminah (Program Studi Teknik Pertambangan Fakultas Teknik Universitas Jember, Jl. Kalimantan 37 Jember)
Fanteri Aji Dharma Suparno (Program Studi Teknik Pertambangan Fakultas Teknik Universitas Jember, Jl. Kalimantan 37 Jember)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2023

Abstract

PT XYZ merupakan perusahaan mineral yang berada di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Pada Februari 2023 target produksi expit sebesar 24.029.138 ton, dimana realisasi produksi di lapangan sebesar 20.069.678 ton dengan kata lain, terjadi deviasi sebesar -15,88%. Maka dari itu untuk meningkatkan kinerja produksi perusahaan agar target di bulan berikutnya dapat tercapai perlu dilakukan evaluasi dalam ketidatercapaian target produksi pada bulan Februari 2023. Penulis melakukan analisis pada faktor-faktor yang mempengaruhi ketidaktercapaian produksi. Setelah melakukan analisis data yang diperoleh dari departemen terkait, maka ditemukan empat faktor yang mempengaruhi ketercapaian produksi, yaitu physical avaibility, usage, productivity, dan working hour. Dari keempat faktor yang ditemukan, maka diambil satu faktor dominan, yaitu productivity yang mengalami loss sebesar 4.020.788 loading unit, sedangkan pada hauling unit mengalami loss sebesar 1.900.988. Setelah dianalisis faktor dominan yang mempengaruhi ketercapaian produksi, kemudian dijabarkan parameter dari faktor dominan tadi, dimana producivity dipengaruhi oleh cycle time dan payload alat. Mekanisme perhitungan cycle time loading unit dirinci menjadi hang time, spotting time, dan loading time. Sedangkan cycle time hauling unit dirinci menjadi dump time, load time, queue time, spot time, travel empty time, dan travel full time. Parameter lain yang mempengaruhi produktivitas hauling unit, yaitu distance, speed, dan payload. Setelah dilakukan analisa faktor ketidaktercapaian produksi, maka penulis dapat memberikan rekomendasi kepada perusahaan sebagai rencana perbaikan ketercapaian produksi di masa mendatang.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JENERAL

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Engineering

Description

Jurnal nasional berbahasa indonesia dan bersifat open access yang menerbitkan artikel hasil penelitian tentang eksplorasi dan pemanfaatan mineral serta pengolahannya di bidang teknik pertambangan yang meliputi: Eksplorasi Sumberdaya Minerba, Perencanaan Tambang, Ekonomi Minerba, Reklamasi dan ...