Proses pembelajaran dikelas akan mencapai tujuan memerlukan pendukung dalam pelaksanaanya. Pembelajaran yang berlangsung masih kurang bermakna bagi peserta didik. Hal itu terlihat dari hasil perolehan nilai ujian peserta didik. Pelaksanaan pembelajaran saat ini dilakukan secara daring (online) yang menyebabkan timbul berbagai macam permasalahan diantaranya sinyal internet yang tidak stabil, peserta merasa materi sulit dipahami, peserta merasa bosan dalam proses pembelajaran, kurangnya media pendukung dalam pelaksanaan pembelajaran daring, kurangnya kreativitas dan kesulitan guru dalam penggunaan dan pembuatan perangkat ajar berbasis budaya, kurangnya pelatihan terhadap guru mengenai pentingnya media pembelajaran berbasis budaya, Guru belum mempunyai wawasan dan pengetahuan mengenai pengembangan dan penggunaan perangkat ajar matematika terutama yang pernagkat ajar berbasis budaya. Perangkat Ajar berbasis budaya adalah media pembelajaran yang menyajikan bahan pembelajaran yang didesign dengan mengkaitkan budaya yang dekat dengan peserta didik. Perangkat ajar berbasis budaya dapat membantu peserta didik dalam meningkatkan minat belajar peserta didik. Pengabdian kemitraan masyarakat ini membahas mengenai pembuatan, perancangan dan penggunaan perangkat ajar berbasis budaya bagi guru – guru SMK Swasta Pangeran Antasari Labuhan Deli.
Copyrights © 2023