Journal of Health, Education, Economics, Science, and Technology (J-HEST)
Vol. 5 No. 2 (2023): Journal of Health, Education, Economics, Science, and Technology

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Stad Materi Satuan Baku Berat di Kelas III SDN 1 Abepura

Tiffany Shahnaz Rusli (Unknown)
Hidayah Hidayah (Universitas Cenderawasih)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2023

Abstract

Penelitian perbaikan pembelajaran ini di latarbelakangi oleh masih rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran Matematika di kelas III SDN 1 Abepura. Penelitian ini bertujuan untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa dan membuat hasil belajar siswa meningkat dalam mengikuti pelajaran Matematika. Penelitian dilaksanakan di kelas III SDN 1 Abepura dengan banyak siswa 17, laki- laki terdiri dari 10 siswa dan perempuan terdiri dari 7 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan tes tertulis, observasi aktivitas siswa dan observasi guru. Metode yang dipakai adalah model pembelajaran STAD. Penerapan model STAD pada pelajaran Matematika dengan materi Satuan Baku Berat, dapat menuntaskan hasil belajar hampir seluruh siswa. Bermula hanya 65 % siswa yang tuntas pada siklus satu menjadi 88 % pada siklus dua. Di samping itu juga terjadi peningkatan aktivitas siswa, pada kegiatan pembelajaran siklus satu siswa yang aktif 53 % meningkat menjadi 82 % pada siklus dua. Melalui penelitian yang telah dilaksanakan maka penulis menyimpulkan bahwa model pembelajaran STAD dapat meningkatkan motivasi serta hasil belajar siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

2

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Health Professions Library & Information Science Other

Description

J-HEST Journal of Health, Education, Economics, Science, and Technology diterbitkan oleh Forum Dosen Indonesia DPD Sulawesi Barat satu kali dalam enam bulan (Desember dan Juni). Jurnal ini sebagai media komunikasi ilmiah bidang kesehatan, pendidikan, ekonomi, sains, dan ...