Mimbar Pendidikan Indonesia
Vol. 4 No. 1 (2023): Januari

Pengembangan Video Animasi Berbasis Storytelling Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Ni Putu Riska Damayanti (Universitas Pendidikan Ganesha)
I Made Citra Wibawa (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancang bangun dan menghasilkan media video animasi berbasis storytelling untuk meningkatkan literasi sains siswa kelas V sekolah dasar yang teruji validitas, kepraktisan, serta efektivitasnya. Penelitian ini tergolong kedalam jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan diantaranya analisis (analyze), perancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Subjek penelitian ini adalah para ahli, guru, dan siswa, sedangkan objek penelitian ini adalah validitas, kepraktisan, dan efektivitas video animasi berbasis storytelling pada materi siklus air kelas V sekolah dasar. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes dan non tes dengan instrumen penelitian berupa soal objektif serta kuisioner uji validitas dan uji kepraktisan produk. Analisis data dilakukan dengan analisis kualitatif dan kuantitatif. Validitas video animasi berbasis storytelling memiliki kualifikasi sangat baik, dilihat dari validasi ahli materi 91,67% dan validasi ahli media 94,38%. Kepraktisan video animasi berbasis storytelling berkualifikasi sangat praktis dan menarik dilihat dari kepraktisan oleh guru 97,5% dan kepraktisan oleh siswa 91,94%. Efektivitas video animasi berbasis storytelling yang diperoleh melalui uji-t berkorelasi dengan nilai signifikansi sebesar 0,00< 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan literasi sains siswa antara sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran menggunakan video animasi berbasis storytelling sehingga penggunaan media video animasi berbasis storytelling dalam proses pembelajaran dapat dinyatakan efektif dalam meningkatkan literasi sains siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIPI2

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Mimbar Pendidikan Indonesia (MPI) dalah salah satu jurnal yang menjadi wadah untuk mempublikasikan artikel yang berkaitan dengan hasil peneitian yang berkaitan dengan ilmu pendidikan. jurnal ini akan terbit sebanyak 3 kali dalam waktu setahun. Januari, Mei, dan ...