Jurnal Horizon Pendidikan
Vol 2, No 3 (2022)

Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual (Slide Show Animation) terhadap Minat Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran IPS di Kelas VII SMPN 35 Kerinci

Anggi Hastari (Universitas PGRI Sumatera Barat)
Rozana Eka Putri (Universitas PGRI Sumatera Barat)
Loli Setriani (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Nov 2022

Abstract

ABSTRAKAnggi Hastari (18030023) Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual (Slide Show Animation) terhadap Minat Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran IPS di Kelas VII SMPN 35 Kerinci.Skripsi, Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora Program Studi Pendidikan Geografi Universitas PGRI Sumatera Barat.            Penelitian ini dilatar belakangi pada permasalahan minat belajar siswa yang rendah. Minat belajar merupakan aspek penting dalam sebuah pembelajaran karena sebagai proses akhir dari sebuah pembelajaran. Dalam meningkatkan minat belajar siswa, guru hendaknya menggunakan metode pembelajaran yang tepat diantaranya yaitu dengan penggunaan media pembelajaran.Berdasarkan permasalahan tersebut maka peneliti tertarik melakukan peneitian dengan judul : Pengaruh penggunaan media audio visual (slide show animation) terhadap minat belajar siswa dalam mata pelajaran IPS kelas VII di SMPN 35 Kerinci.Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian eksperimen dengan desain nonquivalent control group. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik uji-t. populasi pada penelitian ini adalah kelas VII dengan sampel 50 Orang dibagi menjadi 25 siswa dikelas kontrol dan 25 siswa di kelas eksperimen. Instrument penelitian yang dilakukan adalah tes dan angket dengan 30 butir pernyataan.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket, dokumentasi, observasi.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Normalitas, Uji Homogenitas, kemudian dilanjutkan dengan Uji Hipotesis menggunakan Uji analisis regresi linier sederhana dan uji-t.Berdasarkan analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audio visual (slide show animation) berpengaruh terhadap minat belajar siswa dalam mata pelajaran IPS Kelas VII di SMP Negeri 35 Kerinci dengan nilai signifikasi 0,045 < 0,05. Dengan demikian Hipotesis diterima semuanya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

horizon

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Horizon Pendidikan (2775-5770) is a high quality open access peer reviewed research journal that is published by Lybrary of Universitas PGRI Sumatera Barat. Jurnal Horizon Pendidikan is providing a platform that welcomes and acknowledges high quality empirical original research papers about ...