Educatif: Journal of Education Research
Vol 4 No 1 (2022): January

Peningkatan Keaktifan Siswa dengan Media Powerpoint Siswa Kelas IV SDN 2 Kemiri Boyolali

Prathidina Pertiwi (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Minsih Zifa (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Siti Fatimah (SD Negeri Mangkubumen Lor No 15 Surakarta)



Article Info

Publish Date
08 Jul 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkarkan keaktifan siswa dengan media powerpoint siswa kelas IV SDN 2 Kemiri Boyolali. Penelitian ini menyajikan sebuah laporan penelitian pada peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan media powerpoint. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualtitatif dengan jumlah 23 siswa kelas IV SDN 2 Kemiri Boyolali. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media powerpoint dapat meningkatan keaktifan siswa pada kelas IV SD Negeri 2 Kemiri tahun pelajaran 2020/2021. Hal ini dapat dilihat dari keaktifan siswa kelas IV sebesar 43,47%. Setelah dilakukan tindakan, hasil keaktifan siswa meningkat menjadi 65,21% dan 82,60% siswa mencapai KKM. Peneliti menyarankan agar guru memfasilitasi proses pembelajaran sehingga siswa dapat aktif selama proses pembelajaran dan hasil belajar siswa meningkat.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

educatif

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The aim of this journal publication is to disseminate the conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the area of education. Educatif particularly focuses on the main problems in the development of the sciences of education areas as follows: 1. Teaching and Learning ...