Educatif: Journal of Education Research
Vol 4 No 3 (2022): July

Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Problem Based Learning

Nur Laily Rachmawati (Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo, SDN 02 Balong)
Paradika Angganing (Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo)
Sugeng Riyadi (SDN Karangwuni)



Article Info

Publish Date
24 Jul 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan melalui model problem based learning dapat meningkatkan [1]Keaktifan belajar Matematika pada siswa Kelas III SD Negeri Pilangsari 1 tahun ajaran 2020/2021; [2] Hasil belajar Matematika pada siswa Kelas III SD Negeri Pilangsari 1 tahun ajaran 2020/2021. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan di kelas III di SD Negeri Pilangsari 1 tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 28 siswa. KKM pada muatan pelajaran Matematika yaitu ≥ 75. Instrumen penelitian menggunakan tes dan angket. Analisis data dilakukan secara deskriptif baik kualitatif maupun kuantitatif. Indikator penelitian yang ingin di capai dalam penelitian ini adalah 1)Keaktifan siswa: Target yang diharapakan dalam peningkatan keaktifan siswa mencapai 75% siswa mencapai kategori baik; 2)Hasil belajar siswa meningkat minimal 80% siswa mencapai KKM ≥ 75 mata pelajaran Matematika. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa keaktifan dan hasil belajar Matematika kelas III di SD Negeri Pilangsari 1 tahun ajaran 2020/2021 dapat ditingkatkan dengan penerapan model problem based learning. Persentase keaktifan sebelum adanya tindakan atau prasiklus yaitu 25%. Pada siklus I persentase keaktifan siswa sebesar 57%, dan siklus II persentase keaktifan siswa sebesar 82%. Persentase ketuntasan siswa sebelum tindakan 10 siswa (36%), pada siklus I sebanyak 14 siswa (50%), dan pada siklus II sebanyak 25 siswa (89 %).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

educatif

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The aim of this journal publication is to disseminate the conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the area of education. Educatif particularly focuses on the main problems in the development of the sciences of education areas as follows: 1. Teaching and Learning ...