Educatif: Journal of Education Research
Vol 4 No 3 (2022): July

Peningkatan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Melalui Model Problem Based Learning

Renaldo Kristiawan (Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo, SD Negeri Begajah 01)
Para Mitta Purbosari (Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo)
Sularmi (SD Negeri Polokarto 01)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2021

Abstract

Tujuan penelitian adalah peningkatan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPA siswa melalui model problem based learning kelas V SD Negeri Begajah 01 tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang diadakan di SD Negeri Begajah 01 tahun pelajaran 2020/2021. Subjek penelitian ini siswa dan guru kelas V, objek penelitian ini adalah keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa melalui model problem based learning. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode tes dan non tes. Instrument yang digunakan dalam mengadakan evaluasi penelitian yaitu: kuesioner, observasi, wawancara, dan tes . Sampel penelitian sebanyak 22 siswa terdiri dari 9 laki-laki dan 13 perempuan dengan 2 siklus penelitian. Teknik analisis dengan menggunakan analisis data kuantitatif, data diskriptif komprehensif dan analisis data kualitatif. Hasil penelitian siklus I menunjukan siswa yang mencapai ketuntasan kritis pada siklus I sebesar 72,72% (minimal cukup kritis) pada siklus II meningkat menjadi 100% (minimal cukup kritis) dan hasil belajar siklus I sebesar 72,72% dan siklus II 84,39%. Dengan demikian dari penelitian ini dapat disimpulkan pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kelas V SDN Begajah 01 tahun pelajaran 2020/2021.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

educatif

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The aim of this journal publication is to disseminate the conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the area of education. Educatif particularly focuses on the main problems in the development of the sciences of education areas as follows: 1. Teaching and Learning ...