Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kurikulum 2013 dan proses pembelajaran dalam kurikulum 2013 serta implementasi kurikulum 2013 terhadap pembelajaran Pendidikan Agama Kristen (PAK) bagi peserta didik di sekolah dasar Kristen. Peneliti ingin menggunakan metode kualitatif, pengumpulan data melalui wawancara dengan guru-guru PAK, kepala sekolah, dan Pengawas PAK kota Malang. Dari data yang diteliti menunjukkan bahwa kurikulum 2013 sangat bagus dan implementasi kurikulum yang baik sangat diperlukan untuk menciptakan lulusan yang baik. Implementasi kurikulum 2013 yang baik akan mempengaruhi banyak faktor dalam dunia pendidikan, khususnya Pendidikan Agama Kristen. Hasil dari temuan ini menganjurkan kepada (1) kepala sekolah, guru PAK untuk dapat lebih efektif dan memiliki teknik dalam melaksanakan pembelajaran pendidikan agama kristen bagi peserta didik, (2). Pengawas PAK kota Malang, untuk lebih memperhatikan perkembangan proses berlangsungnya dari kurikulum 2013.
Copyrights © 2021