Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Vol. 3 No. 2 (2023): EduTIK : April 2023

Analisis Kesiapan Siswa Terhadap Penerapan Blended Learning di SMK Negeri 1 Tondano

Sheril Ponamon (Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado)
Verry Ronny Palilingan (Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado)
Alfrina Mewengkang (Jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Manado)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesiapan siswa terhadap penerapan blended learning di SMK Negeri 1 Tondano. Penelitian ini dirancang dengan metode kuantitatif. Penentuan informan yang dipilih dengan teknik simple random sampling. Pengumpulan data yang di lakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan angket/kuesioner. Metode analisis yang di gunakan pada penelitian ini adalah statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa siswa SMK Negeri 1 Tondano memperoleh hasil skor rata-rata 4.19 yang berarti siap, tapi masih butuhkan peningkatan berdasarlan tabel nilai dan kategori Aydin & Tasci di mana untuk skor ELR>3.4 adalah skor minimal yang harus di dapatkan untuk kesiapan penerapan ELR. Variabel pengalaman memperoleh nilai 4.23 yang artinya siap penerapan blended learning dapat di lanjutkan. Variabel kemampuan memperoleh nilai 4.24 yang artinya siap dan penerapan blended learning dapat di lanjutkan. Variabel inovasi memperoleh nilai 4.02 yang artinya siap tapi membutuhkan sedikit peningkatan dalam penerapannya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

edutik

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Engineering

Description

Jurnal Edutik adalah jurnal yang diterbitkan oleh jurusan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi Fakultas Teknik Universitas Negeri Manado yang bertujuan untuk meningkatkan dan menyediakan wadah publikasi bagi artikel penelitian dalam bidang Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi dan ...