Nuris Journal of Education and Islamic Studies
Vol. 3 No. 2: Oktober 2023

Peran Guru PAI dalam Mencegah Perilaku Juvenille Delinquency di SMP Negeri 1 Tanjung Pura

Hayatun Sabariah (STAI JAM'IYAH MAHMUDIYAH TANJUNG PURA LANGKAT)
Lia Ariska Ritonga (STAI Jam’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura Langkat)
Nur Afrida (STAI Jam’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura Langkat)



Article Info

Publish Date
23 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui usaha-usaha guru PAI dalam mencegah perilaku juvenile delinquency yang dilakukan oleh peserta didik di SMP Negeri 1 Tanjung Pura Langkat. Pendidikan Agama Islam meletakkan keberhasilan ilmu pengetahuan dengan diimbangi mental yang sehat dan akhlak yang mulia, sehingga bermanfaat bagi kecerdasan umat dan negara. Untuk membimbing peserta didik agar menjadi insan yang berakhlak mulia tentu tidaklah mudah, oleh kerena itu diperlukan berbagai peran yang harus dilakukan oleh guru dalam menangani kenakalan peserta didik. Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah kenakalan yang dilakukan oleh peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Tanjung Pura Langkat ialah sering bolos, tidak masuk kelas, merokok dan menggangu teman. Peran yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam dalam menanggulangi kenakalan peserta didik yaitu dengan dengan memberikan peringatan dan memberikan pemahaman kepada peserta didik, memberikan nasehat dan menceritakan tokoh idola. Bapak Fadli Sebagai guru Pendidikan Agama Islam juga berperan penting dalam mengurangi kenakalan yang dilakukan oleh peserta didik kelas VII dan faktor yang mempengaruhi kenakalan yang berulang-ulang ialah karena faktor puber dan lingkungan pertemananya, yang lebih dominan melakukan kenakalan-kenakalan ialah peserta didik laki-laki.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jeis

Publisher

Subject

Description

Nuris Journal of Education and Islamic Studies is open access and peer-reviewed journal, published by STAI Nurul Islam Mojokerto, Indonesia to disseminate research results from scientists and practitioners in Education and Islamic Studies fields. DOI : https://doi.org/10.52620/jeis ISSN 2776-2653 ...