AKSIOMA JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA
Vol 12, No 2 (2023)

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA

Elfis Suanto (Universitas Riau)
Tommy Taufik Epindonta Ginting (Universitas Riau)
Kartini Kartini (Universitas Riau)



Article Info

Publish Date
21 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berupa silabus, RPP, dan LAS dengan pendekatan RME pada materi Lingkaran yang valid dan praktis untuk memfasilitasi kemampuan pemahaman matematis siswa. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Subjek uji coba one to one dalam penelitian ini yaitu tiga siswa kelas VIII SMP/MTs dan subjek uji coba kelompok kecil adalah enam siswa kelas VIII SMP/MTs yang heterogen. Instrumen yang digunakan meliputi: (1) lembar validasi silabus, RPP, dan LAS; dan (2) angket respon siswa terhadap LAS. Perangkat pembelajaran yang telah disusun divalidasi oleh 3 validator dan direvisi sesuai saran dari validator. Hasil validasi dari tiga validator menunjukkan bahwa silabus, RPP, dan LAS sangat valid dengan rata-rata skor berturut-turut 98,86%; 95,27%; dan 90,84%. Kepraktisan LAS menunjukkan persentase rata-rata 84,98% dengan kriteria praktis. Hasil studi ini menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran dengan pendekatan RME pada materi lingkaran sangat valid dan juga praktis untuk memfasilitasi pengembangan kemampuan pemahaman matematis siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

matematika

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

AKSIOMA JOURNAL, e-ISSN: 2442-5419, p-ISSN: 2089-8703 is an information container has scientific articles in the form of research, the study of literature, ideas, application of the theory, the study of critical analysis, and Islāmic studies in the field of science Mathematics Education. AKSIOMA ...