AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Vol 12, No 2 (2023)

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS RME DENGAN KONTEKS KEARIFAN LOKAL PADA MATERI BANGUN DATAR

Aritsya Imswatama (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar matematika berbasis RME dengan konteks kearifan lokal. Jenis penelitian ini merupakan penelitian desain yang menggunakan model pengembangan yaitu model Gravemeijer & Cobb. Desain penelitian ini mempunyai tiga fase yaitu (1) mempersiapkan percobaan; (2) melaksanakan percobaan; dan (3) analisis retrospektif. Dalam artikel ini akan dibahas  tahap mempersiapkan percobaan, yaitu 1) analisis kebutuhan dan kurikulum, (2) analisis dan penyusunan konsep RME, (3) analisis dan eksplorasi kearifan lokal suku sunda di sukabumi sebagai sumber belajar matematika, (4) Pengembangan bahan ajar matematika berbasis RME dan (5) Validasi. hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa pengembangan bahan ajar matematika berbasis RME dengan konteks kearifan lokal telah memenuhi kriteria valid dan dapat diterapkan dalam pembelajaran matematika. Desain pembelajaran matematika berbasis RME dengan konten kearifan lokal merupakan desain pembelajaran yang mengeksplorasi fenomena atau kejadian yang dapat dibayangkan siswa, memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengalami proses penemuan kembali konsep matematika dengan cara melakukan kegiatan yang memungkinkan melalui bimbingan guru serta memberikan ruang kreasi yang luas kepada siswa untuk mengembangkan model matematika terhadap masalah matematika yang dihadapi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

matematika

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

AKSIOMA JOURNAL, e-ISSN: 2442-5419, p-ISSN: 2089-8703 is an information container has scientific articles in the form of research, the study of literature, ideas, application of the theory, the study of critical analysis, and Islāmic studies in the field of science Mathematics Education. AKSIOMA ...