J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan)
Vol 4, No 2 (2023): JUNI

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMAN 2 Ciamis (Studi Quasi Eksperimen pada Kompetensi Dasar Manajemen di Kelas X IPS)

Ista Septina (Unknown)
Eni Rohaeni (Unknown)
Tati Heryati (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2023

Abstract

Rendanyahnya hasil belajar siswa merupakan masalah dalam penelitian ini, karena hasil belajar merupakan salah satu tolak ukur keberhasilan proses pembelajaran. Rendahnya hasil belajar ini dipengaruhi oleh beberapa faktor diantarnya pemilihan model pembelajaran yang tepat sesuai dengan kompetensi dasar. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) pada mata pelajaran ekonomi pada pengurukan awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest). (2) Perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model konvensional pada mata pelajaran ekonomi pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest). (3) Perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together  dengan yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran ekonomi pada pengkuran akhir (posttest). Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode ekspeimen dengan desain Quasi Eksperimental Design.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Togeter pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akir (posttest). (2) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan metode konvensional pada pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest). (3) Perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif  Tipe Numbered Head Togeter lebih tinggi dari pada yang menggunakan metode konvensional pada pengukuran akhir (posttest).

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

J-KIP

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan) merupakan jurnal untuk mempublikasikan hasil penelitian dalam bidang Pendidikan. Terbit secara berkala satu tahun tiga kali yakni pada bulan Februari, Juni dan Oktober. J-KIP dikelola oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Galuh dan ...