Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang memperoleh pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) dan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional ditinjau dari disposisi matematis. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control grup design. Teknik analisis data menggunakan uji t, uji regresi, dan uji anakova. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di salah satu MTs Swasta di Kabupaten Ciamis. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling jenuh. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes kemampuan pemahaman konsep matematis dan angket disposisi matematis. Pokok bahasan yang disajikan sebagai materi ajar adalah Segiempat. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat perbedaan peningkatan yang signifikan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang memperoleh pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) dan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Terdapat pengaruh positif yang tidak signifikan disposisi matematis terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Terdapat perbedaan peningkatan yang signifikan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang memperoleh pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) dan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional ditinjau dari disposisi matematis.
Copyrights © 2023