Buhuts Al Athfal
Vol 3, No 1 (2023)

Dasar Perkembangan Berfikir Anak Usia Dini dalam Presfektif Al-Qur’an dan Hadis

Homsani Homsa Nasution (Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta)
Nur Imam Mahdi (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)
Zayyana Zahrotul Fitri (UIN sunan Kalijaga Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pemahaman Perkembangan kemampuan berfikir melalui presfektif Al-Quran Dan Hadis, perkembangan kognitif sangat penting untuk kemampuan anak dalam mengeksplorasi lingkungan, karena berkaitan dengan pikiran seorang anak. Semakin bertambah besarnya koordinasi dan pengendalian motorik, maka dunia kognitif anak berkembang pesat, makin kreatif, bebas dan imajinatif. Pencapaian berfikir anak juga memiliki tujuan untuk membentuk kepribadian dalam berfikir yang baik sebagai manusia individual dan sosial serta menjadi hamba Allah Swt yang mengabadikan dirinya hanya kepada-Nya. Setiap pelaksanaan kegiatan sehari-hari sudah di atur dan di tata dalam kajian Al-Quran dan sunnah. Latar belakang dari penelitian  ini adalah menganalisis dasar perkembangan berfikir anak usia dini dalam kajian Al-Quran. Dalam agama Islam menjabarkan bahwa kemampuan berfikir harus di dasari oleh Al-Quran dan sunnah. Penelitian ini adalah penelitian pustaka (Library Research), penelitan ini yang dikaji melalui penelitian pustaka dengan data kualitatif yang bersumber informasi yang dikaji sumber literasi dan buku, tekni pengumpulan data menggunakan data primer dan sekunder. Setiap aspek kognitif yang dikembangkan dalam pendidikan anak usia dini dengan tujuan untuk mempersipkan anak menjadi manusia yang mampu menjalankan kehidupan kedepannya dengan cara berfikir logis dan didasari oleh Al-quran dan sunnah.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

alathfal

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Health Professions Public Health

Description

Buhuts Al Athfal: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini adalah penelitian, kajian dan analisis yang berkaitan dengan PAUD meliputi; pengembangan nilai moral dan agama, perkembangan fisik motorik, perkembangan sosial emosional, perkembangan kognitif, perkembangan bahasa, perkembangan artistik dan kreatif, ...