cover
Contact Name
Buhuts Al Athfal
Contact Email
ppendidikanislamanakusiadini04@gmail.com
Phone
+6285277363733
Journal Mail Official
ppendidikanislamanakusiadini04@gmail.com
Editorial Address
Jl. T Rizal Nurdin km 4.5 Sihitang Padangsidimpuan 22733 Buhuts Al Athfal: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini adalah penelitian, kajian dan analisis yang berkaitan dengan PAUD meliputi; pengembangan nilai moral dan agama, perkembangan fisik motorik, perkembangan sosial emosional, perkembangan kognitif, perkembangan bahasa, perkembangan artistik dan kreatif, parenting, lembaga pengelola PAUD, asessmen perkembangan anak usia dini, psikologi perkembangan anak, pemberdayaan anak, strategi pembelajaran, bermain alat pendidikan, media pembelajaran, inovasi dalam pendidikan anak usia dini dan berbagai bidang yang berkaitan dengan Pendidikan Anak Usia Dini. Buhuts Al Athfal diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Padangsidimpuan. Terbit dua kali dalam setahun, yaitu Edisi 1 pada bulan juni, Edisi 2 pada bulan Desember, dan telah memiliki nomor registrasi p-ISSN: 2797-3107 dan e-ISSN: 2797-0205 diterbitkan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).
Location
Kota padangsidimpuan,
Sumatera utara
INDONESIA
Buhuts Al Athfal
ISSN : 27973107     EISSN : 27970205     DOI : https://doai.org/10.24952/AlAthfal
Buhuts Al Athfal: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini adalah penelitian, kajian dan analisis yang berkaitan dengan PAUD meliputi; pengembangan nilai moral dan agama, perkembangan fisik motorik, perkembangan sosial emosional, perkembangan kognitif, perkembangan bahasa, perkembangan artistik dan kreatif, parenting, lembaga pengelola PAUD, asessmen perkembangan anak usia dini, psikologi perkembangan anak, pemberdayaan anak, strategi pembelajaran, bermain alat pendidikan, media pembelajaran, inovasi dalam pendidikan anak usia dini dan berbagai bidang yang berkaitan dengan Pendidikan Anak Usia Dini. Buhuts Al Athfal diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Padangsidimpuan. Terbit dua kali dalam setahun, yaitu Edisi 1 pada bulan juni, Edisi 2 pada bulan Desember, dan telah memiliki nomor registrasi p-ISSN: 2797-3107 dan e-ISSN: 2797-0205 diterbitkan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).
Articles 51 Documents
ANALISIS MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA ANAK USIA DINI MELALUI MEDIA GAMBAR Rahma Hayati Siregar
BUHUTS AL-ATHFAL: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini Vol 1, No 2 (2021)
Publisher : IAIN Padangsidimpuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (449.425 KB) | DOI: 10.24952/alathfal.v1i2.4125

Abstract

Motivasi belajar matematika adalah daya baik yang datang dari diri sendiri maupun dari luar yang mendorong peserta didik untuk belajar matematika. Anak yang mempunyai motivasi belajar yang kuat akan banyak energi untuk melakukan kegiatan belajar. Prestasi belajar akan lebih optimal dengan adanya motivasi belajar matematika. Penelitian ini mengananalisis motivasi belajar matematika anak usia dini dengan media gambar.  Penelitian ini termasuk kepada jenis penelitian kualitatif. Berdasarkan analisis didapatkan bahwa motivasi belajar matematika anak meningkat setelah diberikan media gambar. Munculnya keinginan atau inisiatif sendiri  anak untuk belajar; keterlibatan secara sungguh-sungguh dalam belajar dan tugas yang diberikan;  serta komitmen untuk terus menerus belajar sehingga bertahan dalam pelajaran. Penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar matematika pada anak usia dini. Dengan gambar-gambar yang menarik membuat anak-anak terus termotivasi dan semangat dalam belajar matematika. Dengan gambar yang menarik, anak  memperhatikan, mengamati, serta lebih fokus pada suatu tugas tertentu dan mempertahankannya, dan kurang mudah teralihkan oleh peristiwa yang tidak nyata. Kata Kunci : Motivasi Belajar Matematika, Anak Usia Dini 
DIKOTOMI DALAM TINJAUAN PUSTAKA TERHADAP PENDIDIKAN ANAK USIA DINI Lusi Marlisa; Eka Septiana
BUHUTS AL-ATHFAL: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini Vol 1, No 2 (2021)
Publisher : IAIN Padangsidimpuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (156.589 KB) | DOI: 10.24952/alathfal.v1i2.4006

Abstract

Penyelenggaraan pendidikan anak usia dini di harapkan bisa menjadi langkah strategis untuk mewujudkan anak yang memiliki jiwa kompetitif. Dikotomi yang hadir dalam tubuh pendidikan anak usia dini, bisa menjadi pembatasan bagi stakeholder dalam memahami terkait dengan pendidikan anak usia dini. Dalam tulisan ini, penulis menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan kajian pustaka, karena dianggap paling strategis untuk mengungkapkan gagasan-gagasan serta temuan dalam tulisan ini, untuk mendukung proses temuan dalam penelitian ini, maka diperlukan beberapa sumber rujukan serta literatur bacaan yang digunakan seperti buku-buku dan jurnal-jurnal elektronik yang berkaitan dengan variabel penelitian ini. Pembahasan ini memiliki hasil bahwasanya diperlukan sinerginitas yang baik antara peraturan pemerintah, masyarakat juga terlibat dalam kontrol/pengawasan, penilaian serta dalam pengambilan keputusan terhadap pelaksanaan kebijakan PAUD, sehingga pendidikan anak usia dini tidak mengalami dikotomi dari segi apa pun.
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS SIMBOLIK AWAL ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI KEGIATAN FINGER PAINTING Puji Lestari Kurniasih; Fitri Ramadhini
BUHUTS AL-ATHFAL: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini Vol 1, No 1 (2021)
Publisher : IAIN Padangsidimpuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (590.094 KB) | DOI: 10.24952/alathfal.v1i1.3512

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis simbolik awal anak usia 4-5 Tahun. Penelitian dilaksanakan di PAUD Mawar, Pondok Kopi,Jakarta Timur. Subjek penelitian adalah anak kelompok A di PAUD Mawar sebanyak 6 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan data kuantitatif diperoleh persentase kenaikan kemampuan menulis simbolik awal anak 44% pada pra penelitian dan pada siklus I sebesar 66%. Hasil tersebut menunjukkan kesesuaian dengan hipotesis tindakan terjadi kenaikan dari pra penelitian ke siklus I melebihi 20% maka hipotesis diterima. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa kegiatan finger painting dapat meningkatkan kemampuan menulis simbolik awal anak usia 4-5 tahun di PAUD Mawar. Hasil analisis data kualitatif menemukan bahwa kegiatan finger painting dapat meningkatkan kemampuan menulis simbolik awal anak. Anak dapat membuat coretan menyerupai huruf, angka, bentuk dan gambar. Peningkatan tersebut dinyatakan signifikan. Kegiatan finger painting dapat membuat anak aktif dan memberikan pengalam langsung terhadap sensoris anak.
KONSEP PENGEMBANGAN KREATIVITAS AUD Elsa Mutiah; Sardiah Srikandi
BUHUTS AL-ATHFAL: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini Vol 1, No 1 (2021)
Publisher : IAIN Padangsidimpuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (531.058 KB) | DOI: 10.24952/alathfal.v1i1.3464

Abstract

Pendidikan pada hakikatnya memiliki tujuan yang hakiki yakni humanisasi. Pendidikan memiliki makna dasar, memanusiakan manusia. Membuat manusia kembali pada fitrahnya. Salah satunya adalah dengan mengembalikan manusia menjadi cerdas dan kreatif guna menjangkau perkembangan hidup yang penuh nilai-nilai kemanusiaan.  Anak usia dini adalah individu yang sedang mengalami proses pertumbuhan dan perkembangan yang sangat pesat, bahkan dikatakan sebagai masa usia emas (golden age). Anak usia dini merupakan individu yang berbeda, unik, dan memiliki karakteristik tersendiri sesuai dengan tahapan usianya. Kreativitas pada anak usia dini merupakan hal penting dalam kehidupan khususnya pada anak usia dini karena dapat membuat manusia lebih produktif. Kemudian juga dapat  meningkatkan kualitas hidup serta dapat mempermudah mencari jalan keluar dari sebuah permasalahan
STIMULASI VERBAL LINGUISTIK ANAK MELALUI METODE BERMAIN PERAN Sakinah Siregar
BUHUTS AL-ATHFAL: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini Vol 1, No 2 (2021)
Publisher : IAIN Padangsidimpuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (701.472 KB) | DOI: 10.24952/alathfal.v1i2.3826

Abstract

ABSTRACTThis study aims to determine the verbal linguistic development of young children through the application of the role playing method. This research was conducted based on the findings of the low verbal linguistic intelligence of children due to lack of interaction with teachers and peers this is due to the dominant learning activity of calistung and the use of learning methods that are less effective in stimulating all aspects of children's development, especially children's verbal linguistics. The research design used was a post test only control design, using two groups that had the same characteristics. While the determination of the class is done randomly with a total sample of 33 children in each group. The instrument of data collection was observation with t-test data analysis. . With a significance level of = 0.05. Based on these results, the hypothesis states that stimulation using the role playing method has a significant effect on children's verbal linguistics, namely from the results of hypothesis testing, it is obtained that tcount t table is 11.39 1.671 at level = 0.05. Thus the role playing method has a significant effect on the development of verbal linguistic intelligence in early childhood.Keywords: verbal linguistics, role playing, early childhood.
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENEMUKAN KALIMAT PADA ANAK USIA DINI MELALUI METODE DISCOVERY Faqih Hakim Hasibuan
BUHUTS AL-ATHFAL: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini Vol 1, No 2 (2021)
Publisher : IAIN Padangsidimpuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (614.695 KB) | DOI: 10.24952/alathfal.v1i2.3126

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah  dapat meningkatkan kemampuan anak usia dini dalam menemukan kalimat utama paragraph yang diajar menggunakan metode discovery dengan siswa yang diajar menggunakan pembelajaran konvensional. Penelitian ini dilaksanakan di TK Islamiyah Medan Tahun 2018/2019.Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Subjek dalam penelitian ini yang berjumlah 44 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes diilakukan pada siklus I dan siklus II. Teknik analisis data dilakukan dalam dua tahap, pertama setelah data terkumpul, dan kedua setelah semua saat satu siklus terkumpul. Data yang dikumpulkan pada setiap observasi dan pelaksanakan siklus penelitian dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil pengujian hipotesis diperoleh “dapat meningkatkan kemampuan menemukan kalimat utama paragraf pada anak usia dini  melalui metode discovery di TK Islamiyah Medan”. Berdasarkan perhitungan  ttabel pada taraf signifikansi 5 % adalah 4,46 1,99. Maka hipotesis alternatif diterima. Berarti antara variabel I dan variabel II terdapat perbedaan yang signifikan atau Ha diterima.
POLA KOMUNIKASI ORANG TUA TERHADAP ANAK USIA DINI (AUD) DI KARANGJATI SINDUADI RT 17 RW 41 KEC. MLATI KAB.SLEMAN Agung Kaisar Siregar
BUHUTS AL-ATHFAL: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini Vol 1, No 1 (2021)
Publisher : IAIN Padangsidimpuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (547.828 KB) | DOI: 10.24952/alathfal.v1i1.3806

Abstract

This study aims to see how the communication patterns of parents to early childhood (AUD) in Karangjati Sinduadi RT 17 RW 41, Mlati District, Sleman Regency. This research is a qualitative research with a field study approach, a case study type. Sources of data obtained from this study are the words or actions of the interviewee and the observations related to this research.Based on the results of the study, it was found that initially the communication patterns of parents to early childhood were not good due to the different backgrounds of parents, and after the authors conducted research and observations and the authors provided a good and correct method of communication patterns to residents or parents, thank God the communication patterns Parents have started well, parents have implemented good communication patterns towards their families especially towards their children, namely: democratic or open communication patterns, then Laissez-Faire communication patterns.The next finding is that the character of early childhood has improved, children seem to have started to open up to their parents, after parents apply good and correct communication patterns to their children, then the children also look more familiar with their father and mother, and children have started telling stories often. to the father and mother about children's activities outside the home, either at school or playing with friends.
PERAN NILAI AGAMA, PANCASILA DAN BUDAYA DALAM MEMBENTUK KARAKTER ANAK USIA DINI Silva Ardiyanti; Rina Nur Bashiroh; Fatah Saiful Anwar
BUHUTS AL-ATHFAL: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini Vol 1, No 1 (2021)
Publisher : IAIN Padangsidimpuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (569.116 KB) | DOI: 10.24952/alathfal.v1i1.3472

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran nilai agama, Pancasila dan budaya dalam membentuk karakter anak usia dini. Pendidikan di Indonesia menjadi salah satu sarana dalam membentuk karakter guna melahirkan para generasi muda penerus bangsa. Pendidikan tidak hanya lakukan secara formal namun juga non-formal, pendidikan memiliki tujuan yang sama yaitu membentuk karakter anak. Anak usia dini merupakan masa yang paling berarti dan tepat dalam mengukir, mengembangkan, membimbing dan menanamkan nilai serta moral dan keterampilan hidup anak. Pada masa ini pertumbuhan dan perkembangan anak berada ditahap tercepat melingkupi perkembangan berbagai aspek. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka (library reseach) yaitu mengumpulkan dan menganalisis data dengan menggunakan buku-buku maupun literatur-literatur lainnya sebagi objek utama. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi. Sedangkan Analisis data menggunakan analisis isi (content analysis). Hasil penelitian ini menunjukan bahwasanya pendidikan karakter agama di bentuk melalui rohani yang matang agar membuat manusia semakin manusiawi, dan pendidikan karakter pancasila adalah merupakan sistem nasional dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, sebagai termasuk dalam pembukaan UUD 1945 dan pancasila sehingga pendidikan nasional Indonesia adalah pendidikan pancasila dan pendidikan budaya merupakan nilai-nilai luhur budaya telah menjadi sudah merupakan milik bangsa sebagai potensi yang tak ternilai harganya untuk pembangunan dan kemajuan bangsa Indonesia.
PENANAMAN NILAI-NILAI MELALUI KONSELING ANAK USIA DINI Efrida Mandasari Dalimunthe
BUHUTS AL-ATHFAL: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini Vol 1, No 2 (2021)
Publisher : IAIN Padangsidimpuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (416.32 KB) | DOI: 10.24952/alathfal.v1i2.3653

Abstract

Counseling is a process in helping students to develop optimally, including personal, social, academic and career development. In Indonesia, the implementation of counseling is carried out by early childhood education teachers, so teachers should deepen the understanding of early childhood counseling. Implementation of counseling guidance in early childhood using media / activities according to the type and development, and according to the age of the students.
HAKIKAT PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MENINGKATKAN KUALITAS DIRI PADA ANAK USIA DINI Silva Ardiyanti; Dina Khairiah
BUHUTS AL-ATHFAL: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini Vol 1, No 2 (2021)
Publisher : IAIN Padangsidimpuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (96.981 KB) | DOI: 10.24952/alathfal.v1i2.3024

Abstract

Pendidikan karakter merupakan suatu usaha sadar yang dilakukan guru kepada siswanya guna terbentuknya kepribadian seseorang melalui pelatihan dan pembiasaan yang berlandasan al-Quran dan hadist. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hakikat pendidikan karakter dan pada saat usia berapa dapat menanamkan nila-nilai karakter dalam meningkatkan kualitas diri pada anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat liberary reseach. Penelitian ini memakai sumber data primer berupa buku karya Thomas Lickona “Education for Character: Mendidik untuk Membentuk Karakter. Bagaimana Sekolah Dapat Mengajarkan Sikap Hormat dan Tanggung Jawab,” serta menggunakan beberapa buku, jurnal dan artikel yang terkait guna menyempurnakan penelitian ini. Penelitian ini menggunakan teknik analisi berupa “content analisis.”Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa dalam membentuk pendidikan karakter dan meningkatkan kualitas diri hal yang perlu diperhatikan pertama adalah mengetahui tahap perkembangan anak-anaknya, kedua dibutukannya strategi dan pembiasaan yang bersifat holistic-integratif yang berkesinambungan sehingga nilai-nilai baik yang diberikan diharapkan dapat melekat dalam diri anak. Karena untuk menjadi manusia yang insan kamil pengetahuan umum tidaklah cukup, maka dibutukannya pendidikan karakter dalam kehidupan anak sehingga dapat bersosial dan mengarahkan dirinya ke hal-hal yang benar sesuai yang diharapkan Bangsa, Negara dan Agama. Serta dibutuhkan pendidik yang teladan dalam membina dan membentuk karakter anak sejak usia dini.