EDUSAINS
Vol. 12 No. 2 (2023): Juli 2023

Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning: Sistematik Literatur Review: Improving Students' Science Process Skills Through Problem-Based Learning Models: Systematic Literature Review

Aldeva Ilhami (Uin Suska Riau)
Sri Wahyuni (Uin Suska Riau)
Niki Dian Permana Putra (Uin Suska Riau)



Article Info

Publish Date
03 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan masih jarangnya penelitian tentang peningkatan keterampilan proses sains siswadengan model problem based learning. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keterampilan proses sains siswa dalam materi usaha dan daya dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah. Kajian ini merupakan tinjauan sistematis dengan menggunakan preferred reporting units for systematic review dan meta-analysis atau biasa disebut dengan PRISMA. Tinjauan literatur sistematis adalah metode yang mengevaluasi, mendefinisikan, dan menginterpretasikan semua hasil yang terkait dengan masalah penelitian dengan menjawab serangkaian pertanyaan. Tinjauan literatur ini dilakukan untuk mendapatkan publikasi artikel ilmiah sejak tahun 2018-2023 yang membahas model problem based lerning terhadap ketermpilan proses sains siswa. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 4 artikel yang layak untuk dianalisis lebih lanjut. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa terdapat beberapa materi IPA yang diteraapkan dalam mengukur keterampilan proses sains dengan model problem based learning diantantaranya pencemaran lingkunan,suhu dan kalor,dan klasifikasi makhluk hidup. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran berbasis masalah berpengaruh terhadap kemampuan proses sains yaitu.model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan proses ilmiah siswa. Model problem based learning efektif meningkatkan keterampilan proses sains siswa SMP.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

edusains

Publisher

Subject

Education

Description

Edu-Sains: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam is published twice a year e-ISSN 2503-2275 online writing conceptual notions, studies and application of theories, practitioners' writing and research results and teaching in the field of education. ...