Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran dan pengaruh metode outdoor study terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di SDN 34 Libureng. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi langsung, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data tes/uji-T Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran yang menerapkan metode outdoor study berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Dalam pengumpulatan data, penelitian menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh metode outdoor study dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Hal tersebut dibuktikan pada tabel uji-t (Independent Sample Test) dengan peroleh nilai signifikansi 0.006< 0.05 yang berarti bahwa H0 ditolak dan Ha diterima atau thitung > ttabel (13,09 > 2.131).
Copyrights © 2023