Akta Kimia Indonesia
Vol 8, No 1 (2023)

Tinjauan Molekular Proses Loading dan Unloading Rifampicin pada Etil Selulosa dan (Etil selulosa)-g-(Poly-Dimethylaminoethyl Acrylate)

Mia Ledyastuti (Institut Teknologi Bandung)
Rachmawati Rachmawati (Institut Teknologi Bandung)
Ikhsan Ibrahim (Institut Teknologi Bandung)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2023

Abstract

Tuberkulosis merupakan penyakit menular dengan jumlah kematian 34 orang per 100.000 penduduk. Oleh karena itu,penelitian mengenai pengobatan tuberkulosis menjadi penting dari segi penghantaran obat maupun efektivitas obat. Kopolimer etil selulosa-g-(poly-dimethylaminoethylacrylate) atau EC-g-PDMAEA mempunyai potensi sebagai pembawa obat karena  dapat membentuk misel yang sesuai untuk jenis obat hidrofobik yaitu rifampicin. Pemahaman perilaku molekular dan interaksi EC-g-PDMAEA terhadap rifampicin menjadi bagian yang penting dalam sintesis dan aplikasi kopolimer dari etil selulosa ke depannya. Berdasarkan simulasi dinamika molekul menggunakan GROMACS 2020.6, EC-g-PDMAEA menghasilkan pola loading rifampicin yang mirip dengan pola loading dari etil selulosa (EC). Pola unloading dari EC-g-PDMAEA menunjukkan tren data yang lebih baik dibandingkan dengan EC dari segi pergeseran puncak Radial Distribution Function yang diamati untuk rifampicin dari jarak 0,86 menuju 0,96 nm. 

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

kimia

Publisher

Subject

Chemistry

Description

Akta Kimia Indoneisa publishes peer-reviewed open access articles in all areas of chemistry, including: Analytical Chemistry Physical Chemistry Organic Chemistry Inorganic Chemistry Biological Chemistry To submit an article, you need to register first. Please click register in ...