JURNAL EMBA : JURNAL RISET EKONOMI, MANAJEMEN, BISNIS DAN AKUNTANSI
Vol. 11 No. 3 (2023): JE. VOL. 11 No. 3

Analisis Pengaruh Harga, Promosi dan Kualitas Pelayanan terhadap Pengguna Aplikasi Lazada di Kota Manado

Greissela Anggriani Sehangunaung (Universitas Sam Ratulangi)
Silvya L. Mandey (Universitas Sam Ratulangi)
Ferdy Roring (Universitas Sam Ratulangi)



Article Info

Publish Date
04 Jul 2023

Abstract

Kepuasan yang dirasakan konsumen merupakan upaya untuk mempertahankan konsumen dan meningkatkan penjualan produk. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh Harga, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Pengguna Aplikasi Lazada Di Kota Manado. Metode yang digunakan adalah metode asosiatif dengan teknik analisis Regresi Linear Berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan di Kota Manado yang berbelanja online di Lazada. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik pengumpulan sampel menggunakan pendapat Ferdinand yang menyatakan ukuran sampel tergantung pada jumlah indikator yang digunakan dalam seluruh variabel laten, jumlah sampel adalah jumlah indicator dikali 5. Pada penelitian ini menggunakan 21 indikator, sehingga jumlah sampel yang diperoleh sebanyak 105 responden. Hasil penelitian menunjukan bahwa Harga, Promosi dan Kualitas Pelayanan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Kualitas berpengaruh positif tidak signifikan terhadap kepuasan konsumen pengguna Apikasi Lazada di Kota Manado.   Kata Kunci: Harga, promosi, kualitas pelayanan, kepuasan konsumen.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

emba

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal EMBA merupakan terbitan berkala sebagai sarana untuk menyebarluaskan hasil penelitian dan ilmu pengetahuan dibidang ekonomi. Diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Univeristas Sam Ratulangi Manado. Jurnal ini diterbitkan 4 kali setahun, sejak tahun 2012. Setiap artikel direview oleh ...