Siswa berkebutuhan khusus adalah siswa dengan keterbatasan baik fisik, mental-intelektual, sosial, maupun emosional, yang mempengaruh tumbuh kembang siswa sehingga memiliki perbedaan dengan siswa lainnya. Dalam proses pembelajaran yang berlangsung di sekolah siswa berkebutuhan khusus mengalami kesulitan dalam melakukan interaksi sosial dan komunikasi verbal terhadap teman, guru, warga sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dan menjelaskan permainan bakiak tendem dapat memberikan peningkatan kompetensi interaksi sosial dan komunikasi verbal, untuk menjelaskan ada tidaknya penerapan permainan bakiak tendem terhadap peningkatan komipetensi interaksi sosial dan komunikasi verbal pada siswa berkebutuhan khusus di SDN 2 Werungotok Nganjuk. Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan. Teknik pengumpulan data melalui obeservasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui proses reduksi data, penyajian data lalu penarikan kesimpulan. Wawancara dilakukan bersama guru pembimbing khusus dan wali kelas untuk pengambilan data.
Copyrights © 2023