Stock Peternakan
Vol 5, No 1 (2023): Stock Peternakan

PENGARUH PEMBERIAN TEPUNG MAGGOT BLACK SOLDIER FLY (Hermentia illucens) SEBAGAI PENGGANTI KONSENTRAT TERHADAP PERFORMA PUYUH PETELUR (Coturnix coturnix japonica)

Muhammad Amran (Universitas Islam Kebangsaan Indonesia)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian tepung maggot Black Soldier Fly (Hermetia illucens) sebagai pengganti konsentrat terhadap performa puyuh petelur (Coturnix coturnix japonica). Penelitian ini menggunakan metode eksperimental Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5x4. Perlakuan A adalah pemberian 14% konsentrat + 0% tepung maggot, perlakuan B adalah pemberian 10,5% konsentrat + 3,5% tepung maggot, perlakuan C adalah pemberian 7% konsentrat + 7% tepung maggot, perlakuan D adalah pemberian 3,5% konsentrat + 10,5% tepung maggot, perlakuan E adalah pemberian 0%konsentrat + 14% tepung maggot. Peubah yang diamati adalah konsumsi ransum (g/ekor/hari), produksi telur harian (%), berat telur (g/butir), massa telur (g/ekor/hari) dan konversi ransum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian tepung maggot Black Soldier Fly (Hermentia illucens) berbeda tidak nyata (P0,05) terhadap konsumsi ransum (g/ekor/hari), produksi telur harian (%), berat telur (g/butir), massa telur (g/ekor/hari) dan konversi ransum. Kesimpulan dari penelitian ini adalah tepung maggot dapat digunakan sebagai pengganti konsentrat sampai 14% (perlakuan E) dengan tidak mengganggu performa puyuh petelur (Coturnix coturnix japonica), didapatkan hasil konsumsi ransum 22,35 g/ekor/hari, produksi telur harian 71,13%, berat telur 10,36 g/butir, massa telur 7,37 g/ekor/hari dan konversi ransum 3,03.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Sptr

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Veterinary

Description

Stock Peternakan Merupakan Jurnal Yang menerbitkan artikel dengan kajian benih, bibit, bakalan, ternak ruminansia indukan, pakan, alat dan mesin, budi daya ternak, panen, pasca panen, pengolahan, pemasaran, pengusahaan, pembiayaan dan sarana dan ...