Pemahaman siswa terhadap IPA khususnya materi rotasi bumi telah banyak diteliti sebelumnya dengan menggunakan model pembelajaran atau media pembelajaran inovatif. Metode demonstrasi terbukti dapat meningkatkan pemahaman siswa begitu juga penggunaan alat peraga rotasi bumi dapat meningkatkan pemahaman siswa. Oleh karena itu tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh metode demonstrasi berbantuan alat peraga terhadap pemahaman IPA siswa sebagai pendukung hasil penelitian terdahulu. Metode yang digunakan yaitu quasy experimental dengan desain nonequivalen control grup design. Penelitian ini dilakukan di kelas VI SDN delapan puluh Palembang yang terdiri dari dua puluh satu siswa kelompok eksperimen dan dua puluh siwa kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah tes pemahaman materi rotasi bumi. Analisis hasil penelitian menggunakan N-gain dengan menggunakan uji statistik parametrik untuk melihat pengaruh model demonstrasi berbantuan alat peraga terhadap pemahaman siswa. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa metode demonstrasi berbantuan alat peraga secara signifikan dapat meningkatkan pemahaman rotasi bumi siswa.
Copyrights © 2023