Berajah Journal
Vol. 3 No. 2 (2023): May

IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KOMPETISI ANTAR KELOMPOK (KAK) DENGAN STRATEGI KONFLIK KOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN SELF-EFFICACY

Asry Erma Yunita (Universitas Indraprasta PGRI)
Siti Nurjanah (UIN Sunan Gunung Djati Bandung)
Supardi U.S. (Universitas Indraprasta PGRI)



Article Info

Publish Date
31 May 2023

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keyakinan siswa untuk menyelesaikan permasalahan ketika maupun diluar pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan self-efficacy siswa melalui pembelajaran Kompetisi Antar Kelompok (KAK) dengan strategi konflik kognitif. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Data diperoleh melalui instrumen tes dan non-tes diberikan kepada 73 siswa SMA kelas X yang terdiri dari 25 siswa pada kelas eksperimen pertama, 24 siswa pada kelas eksperimen kedua dan 24 siswa pada kelas kontrol. Berdasarkan hasil penolahan data, diperoleh bahwa self-efficacy siswa kelas Kompetisi Antar Kelas dengan strategi konflik kognitif (KAK SKK) lebih baik dibandingkan dengan siswa kelas Kompetisi Antar Kelas (KAK) dan kelas konvensional. Pembelajaran KAK adalah kombinasi antara pembelajaran MURDER dan TGT.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

go

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Social Sciences

Description

BERAJAH JOURNAL menerbitkan artikel tentang pendidikan dan pembelajaran secara umum. Berisi artikel /hasil penelitian yang ditulis oleh para ahli, ilmuwan, praktisi, dan reviewer di bidang pendidikan dan pembelajaran. Beberapa cakupan Berajah Journal meliputi: Teori dan landasan pendidikan dan ...