This study aims to determine what factors affecting consumer behaviour on shopping at modern mini markets in Kema village. This research is a quantitative-qualitative study using Exploratory Factor Analysis (EFA). By using primary data obtained from distributing questionnaires in two ways: Google Form and printed on paper then distributed directly to 200 respondents who live in Kema and have made at least 2 purchases at mini markets in Kema, with 19 statement items that have gone through the validation process. The results of this study found that there are 3 factors affecting consumer behaviour on shopping at modern mini markets in Kema village, they are Electronic Transaction, Customer Service, and Store Appearance. Based on the Independent t-test, it was found that there was no significant difference based on gender for the three existing factors. And for the ANOVA test, it was found that there was a significant difference based on income to Electronic Transaction, but for the Customer Service and Store Appearance there was no difference based on income. Keywords: Customer Service, Electronic Transaction, Store Appearance. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam berbelanja di minimarket modern di desa Kema. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif-kualitatif yang menggunakan Exploratory Factor Analysis (EFA). Dengan menggunakan data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner dengan melalui dua cara yaitu, Google Form dan dicetak dengan kertas lalu dibagikan secara langsung kepada 200 responden yang berdomisili di desa Kema dan pernah melakukan minimal 2x pembelian di minimarket di desa Kema, dengan 19 item pernyataan yang telah melalui proses validasi terlebih dahulu. Hasil dari penelitian ini didapati bahwa terdapat 3 faktor yang terbentuk yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam berbelanja di minimarket modern di desa Kema yaitu Faktor Electronic Transaction, Faktor Customer Service, dan Faktor Store Appearance. Berdasarkan uji Independent t-test ditemukan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan berdasarkan gender terhadap ketiga faktor yang ada. Dan untuk uji ANOVA didapati bahwa terdapat perbedaan yang signifikan berdasarkan pendapatan terhadap Faktor Electronic Transaction, tetapi untuk Faktor Customer Service dan Faktor Store Appearance tidak terdapat perbedaan berdasarkan pendapatan. Kata kunci: Customer Service, Electronic Transaction, Store Appearance.
Copyrights © 2022