Pedagogi: Jurnal Pendidikan Dasar
Vol 11, No 1 (2023): Jurnal Pedagogi

Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Video Youtube

Yoga Fernando Rizqi (universitas lampung)
Loliyana Loliyana (Universitas Lampung)
Rapani Rapani (Universitas Lampung)
Devika Aulia (Universitas Lampung)
Hariyanto Hariyanto (Universitas Lampung)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2023

Abstract

Masalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V di MI AL-KHAIRIYA Sinar Banten. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran problem based learning berbantuan video youtube terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V MI. Metode penelitian ini adalah Quasi Experimental Group Design dengan bentuk yang digunakan Nonequivalent Control Group Design. Populasi berjumlah 120 orang dan sampel yang digunakan yaitu 80 peserta didik kelas VA dan VC, sampel ditentukan dengan teknik sampling non problity sampling. Pengumpulan data dengan teknik tes dokumentasi, dan observasi. Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh dan perbedaan dari model pembelajaran problem based learning berbantuan video youtube terhadap kemampuan berpikir kritis.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pgsd

Publisher

Subject

Education

Description

Pedagogi: Jurnal Pendidikan Dasar is an academic journal that published all the studies in the areas of education, learning, teaching, curriculum development, learning environments, teacher education, educational technology, educational developments from various types of research such as surveys, ...