Salah satu upaya peningkatan mutu pendidikan matematika, yaitu dengan meningkatkan mutu kompetensi lulusan, yaitu Calon Guru yang dihasilkan oleh perguruan tinggi. Tujuan kegiatan ini untuk menganalisis kemampuan awal mahasiswa tingkat akhir Prodi PGMI UIN Ar-Raniry Banda Aceh dalam memahami konsep awal pembelajaran matematika sebelum dilakukan pendampingan. Mendeskripsikan bentuk pendampingan pembuatan bahan ajar matematika berbasis Realistic Mathematics Education (RME) yang dilakukan. Secara umum model pendampingan yang dilakukan menjadi tiga tahapan yaitu tahap persiapan dan koordinasi, tahap pelaksanaan, dan tahap pendampingan. Hasil penelitian adalah 1. Bahan Ajar berbasis RME dapat digunakan sebagai salah satu referensi bahan ajar pada kegiatan MK PPL, Micro Teaching, Pembelajaran Matematika MI I dan II, serta persiapan instrument penelitian, yang diharapkan dapat memberi acuan untuk proses implementasi pembelajaran matematika SD/MI yang lebih baik ke depan 2. Mahasiswa disini merupakan calon guru yang ingin mengembangkan potensinya dalam merancang perangkat pembelajaran RME harus membiasakan diri untuk membuat bahan ajar berbasis RME dengan tujuan dapat menstimulus peserta didik berfikir kritis dan kreatif. 3. Mahasiswa dapat membuat instrumen penilain dan perangkat pembelajaran RME untuk dijadikan bantuan dalam mempersiapkan instrumen tes untuk mengukur keberhasilan belajar peserta didik sekaligus sebagai umpan balik perbaikan proses pembelajaran.
Copyrights © 2023