Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific Journal of Nursing)
Vol. 9 No. 2 (2023): JIKep | Juni 2023

LITERATUR REVIEW : HERPES ZOSTER (INFEKSI LANJUTAN DARI VIRUS VARICELLA ZOSTER): A Literature Review : Herpes Zoster (Advanced Infection of The Varicella-zoster Virus)

Ismi Siti Sa'adah (Pendidikan Profesi Ners, Universitas Pendidikan Indonesia Kampus di Sumedang)
Popi Sopiah (Unknown)
Heri Ridwan (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2023

Abstract

Pendahuluan :Herpes Zoster (HZ) adalah infeksi lanjutan dari Varisela yang sering terjadi di Indonesia. Penyebab utamanya adalah virus Varicella Zoster. Tujuan : Literatur review yang digunakan dalam metode penulisan berfungsi agar mengetahui cara penanggulangan Herpes Zoster dan bagaimana infeksi Herpes Zoster ini terjadi. Metode :Metode yang digunakan melalui pencarian database Publish or Perish Google Schoolar dengan menggunakan filter tahun “2013-2023”. Kata kunci yang digunakan “Infeksi Herpes Zoster”, “Varisela”, dan “Virus Varisela Zoster”. Hasil :Hasil dari literatur review didapatkan berupa bagaimana proses kasus infeksi terjadi dengan pengaktifan kembali VZV. Kesimpulan : Proses infeksi mencakup pereplikasian, inkubasi, viremia, prodomol dan penyembuhan. Gejala yang dirasakan seperti panas, ruam, dan gatal-gatal serta penanggulangannya dengan cara vaksinasi, meningkatkan personal hygiene dan imun tubuh.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jikep

Publisher

Subject

Health Professions Medicine & Pharmacology Nursing Public Health

Description

Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientifics Journal of Nursing) is a place of publication for researchers in the field of nursing and health care. Jurnal Ilmiah Keperwatan are peer-reviewer journals published semi-annually twice in a year. Jurnal Ilmiah Keperawatan published by STIKES Pemkab Jombang. The ...